MobilKomersial.com – Era mobil listrik di Indonesia masih belum terlalu jelas. Namun di Eropa sana, tak hanya mobil penumpang, kendaraan komersial pun sudah pakai motor listrik sebagai penggerak, seperti Citroen e-Jumpy yang lucu ini.

Serunya lagi, e-Jumpy ditawarkan dalam 3 dimensi, namun yang berbeda hanya panjang bodi. Opsinya adalah tipe XS, M dan XL. Bedanya, tipe XS punya panjang 4,6 meter, sementara panjang tipe M 4,9 meter dan tipe XL di 5,3 meter.

Lebarnya sama semua, yakni 2,2 meter dengan tinggi 1,9 meter. Seru kan, desainnya memang sengaja tak terlalu tinggi, agar muat di kebanyakan area parkir atau basement yang tinggi maksimalnya 2,1 meter.

Baca juga: Komparasi Pikap Mulai dari New Carry, Gran Max, dan Super Cab

Perbedaan lain, sebagai kendaraan komersial tentu di daya angkut. Tipe XS sanggup mengangkat beban 1.075 kg dan tipe M sanggup membawa 1.458 kg, dan varian XL bisa mencapai 1.375 kg.

Jangan salah, daya angkut tipe XL sepintas lebih sedikit. Namun ini sebenarnya dikarenakan varian ini punya jok penumpang. Jadi walau bentuknya blind van, namun ada jok ekstra untuk 3 penumpang seperti double cabin.

Sebagai kendaraan listrik, e-Jumpy punya motor bertenaga 136 dk dengan torsi 260 Nm. Motor listrik ini diklaim sanggup mencapai kecepatan maksimal 130 kpj dan punya 3 mode berkendara yaitu Eco, Normal dan Power.

Jadi tinggal pilih saja, apabila beban lagi kosong alias sendirian. Cukup pakai mode Eco agar jarak tempuh makin jauh, sementara saat kabin belakang penuh dan harus antar barang, bisa pakai mode Power agar tenaga mesin tak kedodoran.

Baca juga: PO Rosalia Indah Tambah 6 Unit Bus Baru, 2 Unit Jetbus 3+ SDD dan 4 Jetbus 3+ MHD

Jarak tempuhnya sendiri tergantung dari kapasitas baterai yang dipilih. Jadi e-Jumpy punya 2 opsi baterai, yakni berkapasitas 50kWh atau 75kWh. Versi pertama sanggup mencapai jarak sekitar 230 km dan varian kedua bisa mencapai 330 km.

Menyesuaikan kebutuhan tiap customer, hebatnya Citroen juga punya 4 pilihan tipe. Yakni Control, Club, Driver dan CityVan.

Control adalah varian paling standar. Versi ini hanya dilengkapi radio dengan koneksi Bluetooth, spion elektrik dengan pemanas, juga rem parkir elektrik. Sedang Club mirip dengan tipe Control, namun ditambah sensor parkir.

Lalu versi Driver lebih diperuntukkan sopir komersial yang sering menempuh jarak jauh. Maka dari itu, dilengkapi cruise control, lane departure warning system, lampu depan adaptif dan speed limit.

Baca juga: Sideguard Assist Bikin Nyetir Truk Mercy Makin Aman

Varian terakhir CityVan sesuai namanya, lebih untuk rute dalam kota, tapi setingannya dibuat lebih memudahkan misal untuk radius putar, lalu fitur keyless entry.

Hebatnya lagi, fitur pendukung seperti pintu sliding yang terbuka otomatis berkat sensor kaki juga ada. Tentu memudahkan apabila sopir ribet harus bawa barang, sementara harus membuka pintu.

Share :

All New Honda BR-V Diperkenalkan, Simak Keunggulannya

Generasi kedua ini tampil apik dengan teknologi canggih terbaru.

Read More
3 Blind Van Paling Murah dan Nyaman Dikendarai

Blind Van didesain untuk mengejar fungsionalitas yang maksimal

Read More
Berikut Pembaruan Van Renault New Trafic, Mulai Dipasarkan pada Akhir 2021

Van medium dengan wajah terbaru ini bakal dipasarkan di Eropa pada akhir 2021.

Read More