Selain itu ketika sudah mahir dengan gokart maka akan bisa menguasai rem dengan kaki kiri dan gas dengan kaki kanan. “Itu penting untuk pembalap. Karena harus bisa cepat untuk gas dan rem. Nah, sensitivity semuanya itu ada di gokart,” Rifat menjelaskan.

Ketika di balap gokart pun akan membuat seseorang menjadi kompetitif. Pasalnya semuanya sesuai dengan kelompok umurnya. “Jadi tidak akan dikucilkan, karena semuanya seumuran.”

Memulai di Balap Reli

Sementara untuk memulai di ajang reli sekarang ini sudah berbeda dengan era saat Rifat pertama kali menjadi pembalap. Kala itu Rifat baru bisa ikut balap gokart pada umur 14 tahun. Tapi sekarang ini, usia 10 tahun sudah bisa mengikuti balap gokart.

Baru di tahun 1997 Rifat memulai perjalanan di ajang balap sprint rally, di mana kemudian ia menjadi juara nasional 5 kali berturut-turut sampai tahun 2002. Pria kelahiran 1978 ini juga mengungkapkan bahwa untuk menjadi seorang pereli bisa mulai dari bawah dan sejak usia dini.

Simak juga : Pameran di Pusat Perbelanjaan, Mitsubishi Raih Penghargaan The Best Field Activation

Pasalnya sekarang ini dengan tinggi badan yang sudah mencukupi syarat, maka sudah bisa ikut balap reli. Selain itu, mendapatkan izin dari orangtua juga penting karena pasti belum memiliki SIM (surat izin mengemudi) untuk usia dini.

“Sebenarnya baik reli atau sprint rally berada di kawasan tertutup dan tidak melibatkan jalanan umum. Jadi jika ditanya mau memulai dari umur berapa, menurut IMI (Ikatan Motor Indonesia) walaupun belum memiliki SIM yang paling penting adalah izin dari orang tua.” tambah Rifat lagi.

Apalagi menurut Rifat sekarang ini sudah ada banyak fasilitas yang menunjang, seperti mobil-mobil yang bertransmisi otomatis, sehingga tidak perlu belajar manual. “Mungkin umur 12 sampai 14 tahun, kalau tingginya sudah cukup bisa mulai di tempat-tempat tertutup.”

Share :

Pekerjaan Jalan di Tol Japek Kembali Dilanjutkan Mulai Hari ini

PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) akan kembali melanjutkan pekerjaan, berupa pemasangan gelagar jembatan

Read More
Mitsubishi Hadirkan Program Perpanjangan Paket Smart untuk Xpander, Lihat Keuntungannya

Program ini ditujukan bagi konsumen yang memiliki mobil Xpander yang sudah memasuki tahun ketiga.

Read More
Hari Perhubungan Nasional, Transjakarta Tambah Fasilitas dengan Lengkapi Masker dan Wastafel Portable Khusus Disabilitas

Bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang jatuh pada hari Kamis (17/09/2020) lalu, PT Transjakarta menyiapkan beberapa layanan yang dikhususkan bagi pelanggan disabilitas

Read More
honda

Terkini

Terpopuler