Jakarta, MobilKomersial.com - Scania memperkenalkan anggota terbaru dari keluarga kendaraan tanpa pengemudi atau otonom.

Pabrikan kendaraan asal Swedia ini tengah mengembangkan truk otonom yang memiliki kemampuan membawa alat berat bernama Scania AXL.

Menariknya, truk konsep Scania ini juga tidak mempunyai kabin pengemudi. Truk AXL berjalan dengan sistem modular.

"Dengan truk konsep Scania AXL, kami mengambil langkah signifikan menuju sistem transportasi cerdas di masa depan, di mana kendaraan yang dapat menyetir sendiri akan memainkan peranan yang alami," kata Presiden dan CEO Scania Henrik Henriksson dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

Menurut Henrik, pihaknya terus membangun dan menguji coba konsep untuk menunjukkan apa yang dapat dilakukan dengan teknologi yang tersedia saat ini.

Baca juga : Lebih Dekat dengan Truk Heavy Duty Scania S dan R Series

Untuk kendaraan otonom, perangkat lunak dalam banyak hal lebih penting daripada perangkat keras. Scania AXL dikendalikan dan dipantau oleh lingkungan kontrol yang cerdas. 

"Di tambang, misalnya, operasi otonom difasilitasi oleh sistem logistik yang memberi tahu kendaraan itu bagaimana seharusnya beroperasi," ungkap Henrik.

Claes Erixon, Kepala Riset dan Pengembangan di Scania menambahkan, pihaknya sudah memiliki truk penggerak sendiri dalam operasi pelanggan. Namun sejauh ini, mereka memiliki ruang untuk pengemudi keselamatan yang dapat melakukan intervensi jika perlu.

"Scania AXL tidak memiliki taksi dan itu mengubah permainan secara signifikan. Kami masih belum memiliki semua jawaban, tetapi melalui kendaraan konsep seperti Scania AXL kami membuka jalan baru dan terus belajar dengan kecepatan tinggi," ," ujar Claes Erixon.

Simak juga : Canggihnya Fleet Management Scania, Bisa Pantau Sopir Setiap Saat

Perpaduan teknologi tradisional dan baru

Mesin pembakaran yang menggerakkan kendaraan konsep adalah contoh bagaimana teknologi tradisional dan baru dicampur. Ini didukung oleh biofuel terbarukan.

Fitur dan desain yang kuat dan kuat di belakang, Scania AXL cocok dengan lingkungan yang lebih sulit di tambang dan situs konstruksi besar. Modul depan terbaru menggantikan kabin tradisional, tetapi tanpa kabin konsepnya mudah dikenali sebagai Scania.

Share :

Januari-Oktober 2019, Hino Dutro Telah Diekspor 1.960 Unit

Hino Indonesia memang tercatat sebagai satu-satunya merek kendaraan komersial yang melakukan ekspor kendaraan utuh truk dan bus (light duty) di Tanah Air.

Read More
Mitsubishi Fuso Luncurkan Super Great 2019, Truk Heavy Duty Otonom Pertama di Jepang

Super Great terbaru ini merupakan heavy duty truck (HDT) pertama di Jepang yang dilengkapi dengan teknologi pendukung kemudi otomatis level 2.

Read More
Ini Alasan Hino Fokus Bawa Kendaraan Hybrid Dibanding Kendaraan Listrik

Hino Dutro Hybrid diyakini mampu menghemat konsumsi bahan bakar 13,6 km per liter dengan menggunakan diesel electric hybrid system.

Read More