Jakarta, MobilKomersial.com - Mitsubishi Pajero dikenal dengan satu model Sport Utility Vehicle (SUV) yang tangguh dan gagah. Selain itu, SUV ini juga memiliki sejarah yang tidak bisa dipisahkan dari ajang balap reli. 

Lewat kiprah Mitsubishi Pajero, Mitsubishi mengukuhkan diri sebagai penguasa balap reli terganas di dunia, reli Dakar. 

Inspirasi dari ajang reli tersebut yang melahirkan mobil-mobil penumpang Mitsubishi yang ada diseluruh dunia, termasuk Indonesia dengan Mitsubishi Pajero Sport.

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan, ketika kita berbicara tentang Mitsubishi Pajero Sport, kesan Dakar sangat kuat. Karena Mitsubishi Pajero Sport lahir dari DNA Mitsubishi Pajero yang sukses meraih kemenangan terbanyak di ajang reli Dakar dengan 12 gelar. 

"Kesuksesan itu yang menjadi cikal bakal pengembangan model Mitsubishi Pajero Sport. Meski merupakan jenis yang berbeda, Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport memiliki kemiripan dari sisi ketangguhan serta daya tahan yang teruji di ajang balap reli internasional," ujar Naoya Nakamura, Senin (27/7/2020)

Model Pajero Evolution Dakar sukses merajai gelaran reli Dakar terhitung sejak 1985 silam. Dominasi Mitsubishi Pajero berlanjut setelah tujuh tahun, dengan tak terkalahkan dan menjadi juara reli Dakar di tahun 1992, 1993, 1997, 1998, 2001 hingga 2007.

Baca juga : Mitsubishi Kembali Hadirkan Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition

Generasi Pertama

Generasi pertama Mitsubishi Pajero Sport dikenal dengan nama Mitsubishi Challenger yang dirilis pada tahun 1996. Saat itu, generasi awal memiliki desain yang cenderung kotak dengan postur yang gagah. 

Pada awalnya, Mitsubishi Challenger dipasarkan untuk pasar domestik Jepang saja. Namun penerimaan yang positif membuat setahun kemudian mobil tersebut di ekspor ke beberapa negara. 

Kegiatan ekspor ini membuat Mitsubishi Challenger dikenal dengan nama yang berbeda disetiap negara, seperti Mitsubishi Pajero Sport (Eropa), Montero Sport (Amerika dan sekitarnya), Shogun Sport (Inggris) dan Strada G-Wagon (Thailand). 

Seiring dengan perkembangannya, mobil ini tidak hanya dirakit di Jepang tapi juga di Tiongkok pada tahun 2003 dan Brazil tahun 2006. 

Share :

Dua Varian Mercedes-Benz C-Class Final Edition Meluncur, Harga Mulai Rp 900 Jutaan

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) resmi meluncurkan secara virtual Mercedes-Benz C 300 AMG Final Edition dan Mercedes-Benz C 200 AMG Final Edition.

Read More
DFSK Resmi Luncurkan Gelora Mini Bus, Harga Enggak Sampai Rp 200 Juta

Sebagai model minibus, mobil ini memiliki kapasitas maksimal 11 orang penumpang, dengan konfigurasi jok yang fleksibel.

Read More
Mode Daya Rendah Pada Hyundai Ioniq Electric

produsen mobil asal Korea Selatan ini menghadirkan Hyundai Ioniq Electric yang dapat menghemat daya ketika batrai rendah.

Read More