Jakarta, MobilKomersial.com - Rencana Jakarta sebagai tuan rumah balapan Formula E kini sudah di depan mata. Pasalnya, Komite Pengarah Pengembangan Medan Merdeka menyatakan bahwa Monas sangat memungkinkan menjadi tuan rumah balapan Formula E pada 6 Juni 2020. 

Sebagaimana sudah dinyatakan sebelumnya dalam surat dari panitia pengarah, Komite Pengarah Pengembangan Wilayah Medan Merdeka, mengkonfirmasi dan menyetujui rencana untuk melakukan balapan Formula E di Medan Merdeka Daerah.

“Kami sangat berterima kasih atas persetujuannya, sehingga kami dapat bekerja terus menerus untuk mencapai koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan persiapan sempurna sejak persetujuan dikeluarkan," ujar Dwi Wahyu Daryoto, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) yang juga merupakan Ketua Panitia Pelaksana E-Prix Jakarta, dalam konferensi persnya di Jakarta hari ini.

Selain membenarkan balapan Formula E akan tetap di Monas, tata letak lintasan juga telah dibuka ke publik. Nantinya, sirkuit akan sejauh 2.56km, searah jarum jam dan memiliki 12 putaran.

Baca juga : Jaguar I-SPACE eTROPHY Disiapkan Khusus untuk Takuma Aoki

Dalam beberapa minggu ke depan pembangunan sirkuit akan dimulai. Ini adalah setelah studi lapangan telah diselesaikan oleh Operasi Formula E, Federation Internationale de I 'Automobile (FIA), dan tim arsitek Tilke, didampingi oleh tim OC pada akhir bulan lalu.

"OC akan memastikan tidak hanya persyaratan detail dari Komite Pengarah tetapi juga melestarikan Monumen Nasional sebagai warisan nasional, selama pembangunan aspal, tribun dan fasilitas serta fasilitas lainnya." kata Dwi. Pelestarian warisan nasional diatur dalam UU No. 11/2010 tentang warisan nasional.

Formula E adalah kejuaraan balap mobil listrik yang memiliki satu misi kolektif - untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik. Ini adalah pesan yang dikampanyekan oleh Formula E untuk mempersiapkan kota-kota di seluruh dunia untuk berubah menjadi kota pintar di masa depan dalam hal kualitas udara dan solusi berkelanjutan. Jakarta tentu saja adalah salah satu kota yang diproyeksikan menjadi kota pintar dalam waktu dekat.

 

(Denny)

Share :

Cegah Pemudik Kembali, Ini Titik Penyekatan Arus Balik

Pemberlakuan penyekatan arus balik guna mencegah pemudik kembali ke Jakarta diberlakukan di sejumlah wilayah.

Read More
Korlantas Polri Siapkan 300 Titik Penyekatan, Cegah Arus Balik

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal menyiapkan skema untuk menghalau arus balik mudik lebaran, terutama bagi masyarakat yang akan kembali dari kampung halamannya.

Read More
KTB Siapkan Ratusan Bengkel Truk dan Bus Fuso Hadapi Lebaran 2020

Sebanyak 227 bengkel Mitsubishi Fuso disiapkan sebagai pengganti posko pelayanan purna jual.

Read More