MobilKomersial.com -- Truk merupakan kendaraan yang sering digunakan untuk mengangkut barang. Mulai dari yang terkecil yakni mobil pikap hingga berukuran besar truk tronton dan truk trailer.

Daya angkut truk tergantung pada jumlah ban, jumlah sumbu/ konfigurasi sumbu, muatan sumbu, kekuatan ban dan daya dukung jalan. Misalnya, truk tronton 3 sumbu berkonfigurasi 1 - 2.2 dengan 10 ban, jumlah berat yang diizinkan adalah 20 ton hingga 22 ton.

Tapi pada nyatanya, kebanyakan truk di Indonesia memiliki muatan yang berlebihan. Bukan hanya muatan tapi dimensinya juga diubah biar truk bisa bawa banyak barang. Bahasa tenarnya truk ODOL (over dimensi over load).

Namun ada yang lebih unik lagi. Kali ini hanya ada di daratan Sumatera saja. Truk memiliki panjang yang berlebihan. Namanya Truk Tribal. Pernah dengar?

 

Foto : Irwan Sarbeni

Share :

Pelabuhan Banjir, Pengusaha Truk Kehilangan Rp 30 Miliar per Hari

Kegiatan bongkar muat truk di pelabuhan Tanjung Priok terganggu lantaran armadanya terendam banjir yang juga berpotensi merugi karena truk tak bisa beroperasi.

Read More
Perbanyak Jembatan Timbang Bisa Jadi Solusi Cegah ODOL

Hingga saat ini masalah untuk kendaraan ODOL tak kunjung menemukan solusi.

Read More
Diam-diam, Penjualan Truk FAW Naik Terus Tiap Tahun

Meski senyap, tapi dalam tiga tahun terakhir, penjualan truk FAW terus bertumbuh. Truk-truk besutan pabrikan asal Changchun, Cina, itu penjualannya terus beranjak naik.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler