Mobilkomersial.com --- PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali menggelar rangkaian program Road Safety Rangers (RSR) 2022 yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan kampanye terkait dengan keselamatan berkendara, khususnya dalam mewujudkan perjalanan lancar, aman dan nyaman di jalan tol.

Bertajuk 'Safety Driving In Toll Road With Heavy Vehicle', pelatihan ini diikuti oleh pengemudi angkutan barang dan angkutan penumpang massal (bus besar) dari 20 Perusahaan Operator Jasa Transportasi di Indonesia.

Baca Juga: Truk Heavy Duty Diatas 24 Ton Andalkan Sistem Rem Air Brake, Ini Alasannya

Pelatihan yang berlangsung pada 15 dan 16 November 2022 tersebut, Jasa Marga bekerja sama dengan Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) yang menghadirkan sejumlah kegiatan mulai dari safety campaign hingga seminar dan exhibition yang melibatkan para ahli di bidangnya.

"Hal ini harus menjadi perhatian bersama, mengingat persentase kendaraan non golongan 1 adalah sebesar 14% dari total volume lalu lintas di jalan tol secara keseluruhan,” ujar Atika Dara Prahita, Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Selasa, (22/11/22).

Menurutnya hal ini selaras dengan data kecelakaan di Jalan Tol Jasa Marga Group selama tahun 2022 hingga Oktober ini, yang mencatat sekitar 36% dari total kecelakaan melibatkan kendaraan non golongan 1, dengan 85% berasal dari faktor pengemudi seperti kurang antisipasi dan lengah.

Atika juga menambahkan, dengan melibatkan para pengemudi kendaraan angkutan barang, ini sebagai bentuk komitmen Jasa Marga dalam berkontribusi untuk menggugah kesadaran para pengemudi, bahwa infrastruktur jalan tol dibangun untuk masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Memahami Berbagai Istilah yang Digunakan Dalam Standar Konfigurasi Truk

"Semua pengguna jalan tol, baik pengemudi kendaraan angkutan barang maupun penumpang, wajib mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku serta wajib menghormati hak sesama pengguna jalan," jelasnya.

Sementara itu, menurut Bintarto Agung CEO Indonesia Defensive Driving Center (IDCC) perubahan perilaku menjadi seorang pengemudi yang beretika, perilaku yang baik dan memiliki antisipasi yang bagus juga menjadi salah satu faktor terpenting.

"Pengemudi harus perhatikan aturan dan peraturan yang berlaku di Indonesia. Kita mengacu kepada Undang-Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009 serta peraturan lainnya yang berlaku untuk melaksanakan keselamatan berkendara di Indonesia," terang Bintarto.

Road Safety Rangers 2022 Training “Safety Driving In Toll Road With Heavy Vehicle” ini merupakan program lanjutan setelah sebelumnya "Service Excellence in Toll Road diselenggarakan dan dihadiri oleh 500 peserta dari para Roadster Jasa Marga.

Baca Juga: entingnya Ruang Istirahat di Kabin Truk, Bisa Hemat Biaya Perjalanan

Saat ini juga tengah diselenggarakan Road Safety Rangers 2022 Competition: Safe Travel Experience on Toll Roads with Travoy yang diadakan pada 8-30 November 2022 dengan menggunakan mobile apps Travoy yang dapat diunduh melalui Apps Store maupun Play Store.

Puncak acara Road Safety Rangers (RSR) 2022 akan diselenggarakan pada 6 Desember 2022 mendaratang yang meliputi seminar dan exhibition seputar keselamatan berkendara baik kendaraan penumpang maupun angkutan atau komersial.

Share :

Ford Indonesia Hadirkan Program Layanan Service Gratis Di Akhir Tahun 2022

Bertajuk 'Ford Year-end-Service', program layanan purna jual ini merupakan salah satu bentuk komitmen serta keseriusan Ford untuk terus memberikan layanan purna jual terbaik kepada konsumennya serta dukungan terhadap penjualan unit baru Ford di Indonesia.

Read More
Kemenhub Berlakukan Pembatasan Angkutan Barang Saat Natal dan Tahun Baru

Dalam memastikan kesiapan penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi dan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno meninjau pos lalu lintas Gadog, Jawa Barat.

Read More
Pasok DHL Express, BrightDrop Mulai Produksi Van Listrik Berskala Besar di Kanada

Dalam produksinya di Kanada, BrightDrop menawarkan rangkaian produk termasuk van listrik Zevo, Trace eCarts, dan platform perangkat lunak BrightDrop Core untuk mengurangi emisi karbon dari pengiriman jarak jauh sekaligus mengurangi kemacetan di perkotaan.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler