MobilKomersial.com --- Merawat bodi mobil memang harus diperhatikan karena apabila terlihat kotor maka akan banyak noda yang menempel apalagi setelah terkena guyuran hujan, pemilik mobil sebaiknya segera membersihkan atau mencuci mobil tersebut.

Salah satu bagian mobil yang rawan kotor adalah bagian bodi, terutama cat dan kaca mobil. Membiarkan mobil kotor dapat merusak cat, sementara kaca mobil yang kotor akan mengganggu pandangan pengemudi.

Dilansir dari laman Toyota, berikut ini adalah cara merawat bodi mobil di musim hujan yang dapat dilakukan sendiri di rumah.

Baca juga: Test Drive Wuling Almaz Hybrid, Mobil Nyaman Kabin Senyap

Pastikan Bekas Hujan Tidak Kering Sendiri

Upaya pertama menjaga bodi mobil agar tetap bersih adalah memastikan bekas air hujan tidak mengering dengan sendirinya. Bekas air hujan, walau terlihat bersih sebenarnya banyak mengandung kotoran atau senyawa lain dari kontaminasi udara.

Dampaknya akan terlihat ketika bekas tersebut sudah mengering, maka pada bodi mobil akan tertinggal noda kotoran. Bekas noda air hujan yang mengering jika dibiarkan dapat membuat cat mobil tampak kusam. Noda itu akan membekas dan susah hilang pada bodi dan kaca mobil.

Hindari Parkir di Tempat Terbuka

Sebaiknya mobil tidak parkir di tempat terbuka selama musim hujan, ini akan membuat cat mobil lebih mudah pudar karena hujan dan panas yang silih berganti datang. Perubahan cuaca dari hujan ke panas dan seterusnya akan membuat cat mobil mudah pecah.

Sebaiknya mobil diparkir di ruang tertutup dalam kondisi bersih dan kering.

Segera Cuci Mobil

Usahakan tidak menunda mencuci mobil yang habis terkena hujan seharian. Meskipun tidak terlihat kotor, banyak potensi masalah siap melanda jika kamu tidak sigap mencuci mobil.

Pastikan bodi mobil kering sempurna untuk mencegah timbulnya jamur alias water spot yang sangat mengganggu.

Bersihkan Kolong Mobil

Di kolong mobil banyak terdapat komponen penting, seperti sistem suspensi, sistem kemudi, dan sistem pengereman. Kotoran yang hinggap akan mempercepat kerusakan komponen mekanis lantaran debu bisa menyusup ke celah atau sambungan antar komponen. Yang tak kalah penting adalah potensi tumbuhnya karat, apalagi bila bagian bawah mobil ada yang terluka atau tidak tertutup anti karat.

Hati-hati Saat Mengemudi Mobil

Ketika hujan turun, kurangi kecepatan saat mengemudi mobil, selain faktor keamanan, penurunan kecepatan membuat kotoran tidak mudah naik ke bodi mobil termasuk harus hati-hati dengan lubang yang berisi air bekas hujan yang kotor.

Baca juga: Jadi Official Car G20 Summit, Genesis Electrified G80 Dan Hyundai Ioniq 5 Tiba Di Bali

 

Share :

Ban Truk Pecah Saat Perjalanan, Apa yang Harus Dilakukan Pengemudi?

Tekanan ban truk kerja berat lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan ban mobil biasa. Realitanya, saat pengisian angin, ban dump truk ditempatkan di dalam sangkar guna melindungi teknisi ban bila sewaktu-waktu terjadi insiden ban meledak. Hal tersebut d

Read More
Jadi Kendaraan Sibuk di Pertambangan, Pemeriksaan Berkala Ban Dump Truk Wajib Dilakukan

Dump truk yang berada di pertambangan merupakan alat transportasi yang sering digunakan untuk memudahkan dalam proses pemindahan barang-barang material seperti kerikil, pasir, tanah, produk tambang dan sebagainya.

Read More
Cara Merawat Bodi Mobil Agar Tetap Kinclong dan Tak Mudah Karatan

Perawatan mobil selain bertujuan untuk keselamatan di jalan juga bisa membuat mobil lebih awet dan tampilannya tetap baik. Salah satu masalah yang sering timbul adalah adanya jamur dan karat pada bodi mobil.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler