Bicara soal interior, kabin bus listrik ini cukup modern dan mirip dengan bus yang biasa dioperasikan di wilayah bandara. Mulai dari pintuk masuk geser elektrik hingga perbedaan tinggi kabin depan dan belakang.

Hal pertama yang memanjakan mata didalam kabin, ialah adanya dua baterai listrik yang ditutupi dengan kotak yang besar di sisi kanan dan kiri. Namun, itu hanya salah satunya, baterai listrik lainnya dari bus ini terdapat pada dibagian bawah kabin belakang. Itulah alasannya mengapa kabin belakang dibuat lebih tinggi.

Didominasi dengan warna kuning yang senada dengan warna almamater UI, kabin bus listrik ini mampu menampung hingga 64 kapasitas penumpang dimana kabin depan dan tengah akan digunakan oleh para penumpang yang berdiri.

Baca Juga: Intip Spesifikasi Bus Listrik BYD K9 Milik Transjakarta

Dibalik roda kemudi, kenyamanan supir bus terkaomodasi dengan cluster intrumen yang memanjang dan terintegrasi dengan beragam tombol-tombol fitur yang disematkannya. Selain itu terdapat juga head unit yang diklaim dapat dioperasikan sebagai navigator.

Soal spesifikasi, bus listrik MD12-E LE Low Entry City ini dipersenjatai dengan motor listrik MD100ST+ 4 AMT; IP67 berjenis PMSM (Permanent Magnet Synchronous Motor). Motor listrik tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal 321 dk dengan torsi 2.500 Nm yang dibantu dengan transmisi semi otomatis 4-percepatan.

Sumber tenaga bus listrik anak bangsa ini juga hadir dari paket baterai jenis LifePo; IP68 berkapasitas 315,85 kWh dengan spesifikasi 608.58V dan 519 Ah. Daya tahan baterai tersebut pun bisa mencapai 7 tahun masa pemakaian.

Dengan begitu, bus listrik ini mampu menempuh jarak 250 hingga 300 km dengan kecepatan dibatasi hingga 100 kpj dalam sekali pengisian daya yang hanya membutuhkan waktu 3 jam untuk mengisi daya dari 10 hingga 100 persen.

Baca Juga: Truk Listrik Fuso eCanter Tebar Pesona di PEVS 2022, Begini Spesifikasinya

Saat ini, bus listrik ini akan dimanfaatkan sebagai uji coba untuk mengangkut para mahasiswa di kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat. Namun, bus listrik 12 buatan dalam negeri ini direncanakan akan digunakan sebagai moda transportasi di acara KTT G20 pada akhir tahun 2022 mendatang.

Share :

Tiga Brand Karoseri Bus Hadir di GIIAS 2022, Ada Yang Baru Nih

GIIAS 2022 ini akan menjadi event yang akan ditunggu-tunggu oleh para pecinta bus atau yang akrab disapa Busmania.

Read More
Dukung Asean Para Games 2022, Damri Kerahkan Armada Terbaik di Solo

Dalam mendukung kelancaran perhelatan tersebut, Damri mengerahkan 3 unit armada yang terdiri dari 2 bus besar dan 1 bus sprinter. Untuk jadwal keberangkatan, Damri menyesuaikan kedatangan dari kontingen.

Read More
Bus Listrik MAN Lion City E Jadi Bus Resmi Klub Sepakbola FC Bayern Munchen

Nantinya, FC Bayern Munchen tak hanya mampu mencetak rekor juara timnya namun dapat tiba pada pertandingan kandang dan tandang secara efisien dengan MAN Lion City E di musim sepakbola mendatang yang dimulai pada 5 Agustus 2022.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler