MobilKomersial.com - Truk pikap elektrik Ford F-150 Lightning akan menjadi truk listrik 'Pace Car' (Safety Car) pertama yang akan memimpin jalannya pertandingan Nascar Cup Series di sirkuit Martindsville Speedway pada 9 April 2022.

Ford F-150 Lightning sebelumnya telah menerima hampir 200.000 pemesanan sejak diluncurkan Mei lalu dan merupakan bagian dari portofolio EV yang berkembang untuk Ford setalah Mustang Mach-E dan E-Transit.

Baca Juga: Yakini Konsumen, Ford F-150 Lightning Uji Performa di Suhu Ekstrim

Jeannee Kirkaldy, Motorsports Marketing Manager Ford Performance mengatakan bahwa Ford telah berinvestasi penuh dalam era elektrifikasi dan respons terhadap Lightning sangat luar biasa sehingga merupakan keputusan yang mudah untuk membawanya ke acara Nascar.

“Satu hal yang pasti kami tahu adalah bahwa penggemar kami menyukai truk dan kami yakin perasaan itu akan tumbuh ketika mereka melihat Lightning keluar di trek memimpin lintasan,” ucapnya dalam laman resminya, Rabu (6/4/2022).

Sementara itu, Darren Palmer, Vice President Ford EV Programs juga menyatakan ketidak sabarannya untuk menunjukkan kepada penggemar Ford betapa mampunya F-150 Lightning.

"Dengan tenaga sebesar 563 dk serta torsi puncak mencapai 1.050 Nm yang mampu melaju dari 0-96 kpj hanya dalam kisaran 4 detik, saya pikir itu akan membuat pusat perhatian di dalam trek," jelas Darren.

Baca Juga: Ford F-150 Lightning Mampu Suplai Daya Listriknya Untuk Seluruh Isi Rumah

Dikerahkannya Ford F-150 Lightning sebagai Pace Car Nascar ini sekaligus menandai tahun kedua berturut-turut kendaraan elektirifikasi Ford untuk memimpin jalannya pertandingan Nascar setelah sebelumnya sempat menggunakan Ford Mustang Mach-E di sirkuit Talldega Superspeedway

Ford juga menjadi OEM pertama yang menggunakan kendaraan listrik untuk memacu balapan Nascar pada April 2012 lalu ketika Ford Focus Full-Electric ikut balap di sirkuit Nascar Richmond, Virginia.

“Saya belum mengendarai Lightning, tetapi jika itu seperti Mustang Mach-E, itu akan menjadi ledakan. Saya harap itu menjadi satu-satunya yang ada di depan saya begitu balapan dimulai," kata pembalap NASCAR Cup Series, Ryan Blaney.

Ford F-150 adalah bagian dari truk pikap F-Series terlaris di AS selama 45 tahun berturut-turut dan baru-baru ini telah mencapai tonggak sejarah ketika unit ke-40 juta diluncurkan dari jalur perakitan pada bulan Januari lalu.

Baca Juga: Catatkan Sejarah, Ford Sukses Produksi Pikap F-Series Sebanyak 40 Juta Unit di Pasar AS

Share :

Ford F-150 Lightning Dapat Peningkatan Tenaga, Daya Angkut dan Jangkauan

F-150 Lightning merupakan satu-satunya truk pikap listrik fiul-size yang sudah tersedia dengan harga mulai kurang dari US$40.000 atau setara dengan Rp586,5 juta di pasar Amerika Serikat (AS).

Read More
Jangan Asal, Kenali Resiko Angkut Muatan Berlebih pada Mobil Pikap

Namun, sebagai mobil niaga, penggunaan mobil pikap masih sering kali menyalahgunakan aturan yang telah disesuaikan oleh pabrikan resminya. Salah satu kasus yang sering terjadi adalah mengangkut muatan yang tidak sesuai dan melebihi batas rekomendasi pabri

Read More
Penjualan Pikap di Kuartal I 2022 Naik 27 Persen, Suzuki Carry Memimpin

Penjualan kendaraan komersial ringan khususnya pada segmen pikap pada kuartal pertama tahun 2022 mencatatkan hasil yang menjanjikan sebagai segmen yang turut membantu menggulirkan roda perekonomian Indonesia.

Read More