MobilKomersial.com - Sebagai Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang transportasi darat, Perum Damri telah resmi kembali mengoperasikan trayek Angkutan Perintis dan Angkutan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Ponorogo, Jawa Timur.

Plt. Corporate Secretary Damri, Siti Inda Suri, menyampaikan bahwa pengoperasian rute tersebut merupakan bentuk komitmen Damri yang sejalan dengan amanah pemerintah melalui Kementerian Perhubungan dalam menjalankan fungsi “agent of development” sekaligus dukungan penuh terhadap program KSPN di Indonesia.

Baca Juga: Kerjasama Damri-KAI, Permudah Masyarakat Bertransportasi Antarmoda

Kehadiran Damri, lanjutnya, diharapkan dapat membantu mobilitas masyarakat dan menunjang pertumbuhan ekonomi, mengingat transportasi merupakan urat nadi dalam pembangunan ekonomi.

“Dalam hal ini khususnya angkutan perintis diharapkan dapat terus terlaksana sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di kawasan 3TP (Tertinggal, Terdepan, Terluar, dan Perbatasan)," paparnya dalam keterangannya, Kamis (10/2/2022).

"Kemudian untuk Angkutan KSPN diharapkan dapat meningkatkan kemajuan pada sektor pariwisata guna menarik lebih banyak wisatawan domestik maupun mancanegara dan meningkatkan pendapatan masyarakat setempat,” sambung Siti.

Baca Juga: Damri Sediakan Transportasi Wisata ke Danau Toba, Segini Tarifnya

Perjalanan Damri Perintis menggunakan armada jenis bus medium dengan kapasitas 19 tempat duduk, sedangkan layanan KSPN menggunakan bus dengan kapasitas 14 tempat duduk.

Untuk Angkutan Perintis, Damri melayani rute sebagai berikut:

  1. Terminal Purbaya (Madiun) – Nongko Ijo – Pasar Gosong Baru, tarif Rp9.000,00
  2. Terminal Seloaji (Ponorogo) – Pohijo – Terminal Plaosan (Magetan), tarif Rp11.000,00
  3. Terminal Seloaji (Ponorogo) – Terminal Gayatri (Tulungagung), tarif Rp13.000,00
  4. Terminal Seloaji (Ponorogo) – Terminal Jeruk (Pacitan), tarif Rp9.000,00
  5. Terminal Seloaji (Ponorogo) – Telaga Sarangan, tarif Rp10.000,00
  6. Terminal Seloaji (Ponorogo) – Telaga Ngebel, tarif Rp6.000,00

Dengan jadwal operasional setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 15.00 WIB.

Baca Juga: Damri Sediakan Bus Royal Class untuk Perjalanan Jakarta-Surabaya-Malang

Kemudian, untuk Angkutan KSPN dengan adwal operasional setiap hari mulai pukul 04.30 WIB hingga 15.00 WIB dengan rute sebagai berikut:

  1. Terminal Caruban – Stasiun Caruban – Kawasan Perkantoran Kabupaten Madiun – Stasiun Madiun – Pahlawan Street Center (PSC) – Alun-alun Kota Madiun – Tugu Titik Nol Kota Madiun – Hotel Aston Kota Madiun – Pagotan – Dolopo – Slambur – Mlilir – Damri Ponorogo – Mall PCC – Pasar Pon – Telaga Ngebel. Dengan tarif Rp15.000,00.
  2. Stasiun Madiun – Stasiun Magetan – Desa Temboro – Terminal Maospati – Gorang GareNG - Mall PCC – Damri Ponorogo – Tegalombo – Arjosari – Terminal Pacitan – Cuwik – Terminal Punung – Goa Gong – Pantai Klayar. Dengan tarif Rp25.000,00.

“Kami tetap melaksanakan protokol kesehatan selama perjalanan, dengan memakai masker, menjaga jarak, tidak berbicara, menggunakan hand sanitizer, serta tidak makan dan minum sepanjang perjalanan sesuai dengan prinsip Damri 5K, yaitu Keselamatan, Kesehatan, Keamanan, Ketepatan, dan Kenyamanan pelanggan dan pramudi," tutup Siti Inda Suri.

Untuk pemesanan tiket perjalanan, dan memudahkan pelanggan melakukan pemesanan dapat menggunakan aplikasi Damri Apps selambatnya 3 jam sebelum waktu keberangkatan.

Pembayarannya dapat dilakukan dengan menggunakan platform digital yang ada, seperti OVO, LinkAja, Traveloka, GoPay, RedBus, ShopeePay, Mandiri, dan gerai Alfamart maupun Indomaret di seluruh Indonesia.

Share :

Tiga Brand Karoseri Bus Hadir di GIIAS 2022, Ada Yang Baru Nih

GIIAS 2022 ini akan menjadi event yang akan ditunggu-tunggu oleh para pecinta bus atau yang akrab disapa Busmania.

Read More
Dukung Asean Para Games 2022, Damri Kerahkan Armada Terbaik di Solo

Dalam mendukung kelancaran perhelatan tersebut, Damri mengerahkan 3 unit armada yang terdiri dari 2 bus besar dan 1 bus sprinter. Untuk jadwal keberangkatan, Damri menyesuaikan kedatangan dari kontingen.

Read More
Spesifikasi Lengkap Bus Listrik Buatan MAB dan UI, Punya Tingkat TKDN Yang Tinggi

Saat ini, bus listrik ini akan dimanfaatkan sebagai uji coba untuk mengangkut para mahasiswa di kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat. Namun, bus listrik 12 buatan dalam negeri ini direncanakan akan digunakan sebagai moda transportasi di ac

Read More
honda

Terkini

Terpopuler