Jakarta, Mobilkomersial.com - Bus UHD (Ultra High Decker) buatan karoseri Tentrem rencananya akan menggunakan teknologi mirrorcam atau kaca spion kamera. Teknologi mirrorcam ini akan menjadi tren baru di kendaraan komersial, setelah sebelumnya digunakan pada truck Mercedes-Benz Actros 2642. 

Mirrorcam adalah kamera cctv yang berperan mengganti kaca spion. Kamera ini berkerja dengan menampilkan kondisi luar kendaraan melalui layar digital yang ada pada sisi kanan dan kiri pengemudi. 

Kelebihan lain yang dimiliki mirrorcam dapat menjangkau area yang luas. Kamera ini juga dapat memperlihatkan titik buta. Pengemudi akan mendapatkan pandangan yang optimal dengan memberikan tampila sisi samping kendaraan. 

Sayangnya penggunaan mirrorcam tidak tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan di pasal 37. 

Dalam pasal 37, setiap kendaraan bermotor harus memiliki spion dengan syarat sebagai berikut:

a. Berjumlah 2 (dua) buah atau lebih;

b. Terbuat dari kaca atau bahan lain yang dipasang pada posisi yang dapat memberikan pandangan ke arah samping dan belakang dengan jelas tanpa mengubah jarak dan bentuk objek yang terlihat. 

Meski demikian, mirrorcam tetap dapat dipasang pada kendaraan komersial dengan tetap memakai spion konvensional. Hal ini dilakukan pada mobil Mercedes-Benz Actros 2642.

Menanggapi hal tersebut, Head of Product and Marketing PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) Faustina Tjandra mengatakan, agar tidak melanggar PP pemasangan mirrorcam tetap dibarengi kaca spion konvensional. Selain itu, mirrorcam dianggap sebagai inovasi baru yang dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan.

Share :

Damri Mulai Layani Rute Bandung Menuju Yogyakarta, Kuningan, dan Indramayu

Hadirnya layanan tersebut merupakan upaya Damri dalam menyediakan transportasi yang aman, nyaman, dan selamat bagi warga Jawa Barat, khususnya Bandung untuk melakukan mobilitas.

Read More
PO Gunung Harta Rilis 8 Bus Baru Sekaligus Buatan Karoseri Adiputro

Perusahaan Otobus (PO) PO Gunung Harta kembali menambah armadanya dengan total delapan bus baru yang terdiri dari dua Jetbus 3+ Super Double Decker (SDD) dan enam Jetbus 3+ Ultra High Decker (UHD).

Read More
Bus Trans Banyumas Resmi Beroperasi, Catat Rutenya

Pemkab Banyumas telah meluncurkan sebanyak 52 unit armada bus Trans Banyumas yang sudah dioperasikan untuk melayani para penumpang di Kota Satria.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler