Jakarta, MobilKomersial.com – Tentu saja pecinta kendaraan komersial mengenal Mitsubishi Triton. Pikap dengan model kabin ganda ini memiliki sejarah panjang di pasar otomotif dunia dan juga di Indonesia. Kendaraan yang banyak dikenal dengan nama L200 Strada ini bukanlah pendatang baru di pasar kendaraan komersial. Pasalnya, Triton generasi pertama telah ada sejak tahun 1978-1986.

Dibandingkan dengan pikap pada umumnya, Triton memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, pikap ini tak hanya unggul dalam mengangkut barang, tapi juga kerap digunakan untuk kendaraan harian. Kemampuan Triton dalam mengangkut penumpang memang tidak main-main. Pikap yang diperkenalkan sejak tahun 2002 ini mampu mengangkut hingga lima orang penumpang. 

Bukti bila Triton menjadi pilihan konsumen kendaraan komersial adalah kemampuannya dalam mendominasi penjualan di segmennya hingga mencapai angka 63,8% secara wholesales pada tahun 2020. Pikap ini terbukti memiliki banyak peminat karena kemampuannya untuk dapat berkerja di sektor perkebunan, pertanian, hingga muatan logistik.

Baca juga: Kendaraan Tanggap Darurat di Area Bencana

Pikap dobel kabin ini memang dikenal sebagai kendaraan niaga ringan yang memimpin pangsa pasar small pick-up 4x4 dan kerap mengalami pengembangan produk baik di sisi fitur dan juga model. Meski diperkenalkan di Indonesia pada 2002, generasi pertama Triton menggunakan mesin 4G32 1.6L yang mampu menghasilkan tenaga 90 HP (68kW). 

Untuk generasi kedua yang diperkenalkan tahun 1987, Triton menggunakan mesin diesel 2.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 68 HP (62 kW) atau turbodiesel dengan tenaga 82 HP (62 kW). Selain itu tersedia juga Triton berbahan bakar bensin berkarburator 2.5L yang mampu menghasilkan tenaga 92 HP (69 kW) atau 2.6 liter bertenaga 109 HP (81 kW).

Baca juga: Mitsubishi Triton Tak Hanya Tangguh Libas Off-road, Tapi Diandalkan Jadi Resque Car

Pada generasi ketiga inilah untuk pertama kalinya Triton atau lebih dikenal dengan L200 Strada masuk ke pasar Indonesia. Generasi ketiga ini, Triton dibekali dengan mesin 2.5L yang mampu menghasilkan tenaga 103 HP dengan torsi 245 Nm dan didukung dengan trasmisi 5-kecepatan manual dan 4-kecematan otomatis. Berbekal tingginya ground clearance tinggi dan fitur turbo intercooler membuatnya juga digemari oleh kalangan off-roader. Sedangkan untuk generasi keempat, Strada Triton menggunakan mesin 2.5L turbodiesel bertenaga 134-180 HP.

Pada tahun 2008, Mitsubishi Motors menggunakan nama Strada Triton dengan perubahan total. Untuk varian GLS dan Exceed menggunakan mesin 4D56 2.500 cc berteknologi DOHC Turbodiesel Intercooler dan DI-D Commonrail. Sedangkan untuk varian GLX menggunakan mesin 4M40 berkapasitas 2.800 cc. Baru pada tahun 2010, Mitsubishi menambahkan fitur airbag dan rem ABS sekaligus memperkenalkan fitur easy select 4WD. 

next>

Share :

Toyota Luncurkan Land Cruiser 70 Series Edisi Khusus untuk Pasar Afrika Selatan

oyota telah meluncurkan edisi khusus untuk ulang tahun ke-70 (70th Anniversary Special Edition) dari Land Cruiser 70 Series yang diabadikan untuk pasar Afrika Selatan.

Read More
Generasi Baru Ford Ranger Resmi Meluncur, Berikut Keunggulannya

jawaban dari tingginya permintaan pelanggan di seluruh dunia terhadap truk pikap paling cerdas, paling serbaguna dan paling mampu diandalkan untuk kebutuhan sesuai keinginan pelanggan dari untuk bisnis hingga berpetualang

Read More
Toyota Hilux Terpilih Sebagai Truk Pikap Terbaik di Dunia

Hilux yang memenangkan penghargaan terbaru ini sebagai pengakuan tidak hanya atas powertrain barunya yang bertenaga dan mulus, penanganannya yang baik, dan, tentu saja, Kualitas, Daya Tahan, dan Keandalan (QDR), tetapi juga daya tariknya yang semakin meni

Read More
honda

Terkini

Terpopuler