Jakarta, MobilKomersial.com  - Kalau ke bandara, saat mau masuk kepesawat selain melalui terowongan yang langsung menuju ke pintu pesawat, ada pula yang diantarkan menggunakan bus. Nah sebutan bus ini adalah bus Apron.

Perusahaan jasa layanan di bandara, PT Jasa Angkasa Semesta Airport Services, sebagai operator bus apron di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ternyata menggunakan produk bus asal negeri Tiongkok.

Berbeda dengan bus-bus apron biasanya yang merupakan rakitan karoseri lokal yang sebenarnya menggunakan sasis tipe ladder frame yang dipotong dan dimodifikasi, bus apron JAS Airport Services ini benar-benar bus apron yang 100 persen dirancang sebagai bus lower deck dengan bodi kabin monokok sejak proses pembuatannya seperti biasa kita jumpai di sejumlah bandara internasional di luar negeri.

Bus-bus ini mulai dioperasikan di Bandara Internasional Soekarno Hatta sejak pertengahan tahun lalu. Masuk ke kabin bus buatan Yutong, China tersebut, penumpang akan merasakan ruang kabin yang ekstra lapang, ekstra panjang dan ekstra lebar. Ini karena badan bus ini dirancang lebih lebar dari biasanya. Sejak kabin di dek depan sampai belakang tidak ada perbedaan tinggi lantai, kecuali area kompartemen mesin dan roda. Bus ini mengakomodir 105 penumpang duduk dan penumpang berdiri dalam sekali jalan. 

Bus ini juga dilengkapi dengan delapan pintu akses naik dan turun dan dilengkapi pula dengan kamera CCTV. Kaki-kaki bus ini menggunakan air suspension yang bisa diatur ketinggian lantai kabinnya dari permukaan aspal untuk memudahkan penumpang lansia dan penyandang disabilitas untuk naik dan turun.

Share :

Transjakarta Bersama Higher Uji Coba Bus Listrik dengan Rute Blok M - Balai Kota

Bus listrik merk Higer ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bus konvensional.

Read More
Volvo Buses: Pengemudi Beri Respons Positif Terkait Sistem Bus Otonom

Volvo Buses berada di garis depan penelitian di bidang ini dan bekerja sama dengan akademisi dan mitra lainnya.

Read More
Ambil Bagian di IBE Driving Experimen 2021, Scania Beri Kesempatan Pelaku Usaha Jajal Bus

Scania melihat momentum IBE Driving Experience sebagai kesempatan emas untuk menunjukkan keandalan Scania kepada asosiasi perdagangan dan para pelaku industri.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler