Jakarta, MobilKomersial.com - Guna mengembalikan minat masyarakat ke transportasi darat seperti bus, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau pemilik Perusahaan Otobus (PO) harus berinovasi dan kreatif.

Di momentum pembukaan Sumatera Roadshow 2021 yang disiarkan secara daring oleh PerpalZ TV, Budi mengatakan,bus memiliki potensi dan daya tawar yang tak dimiliki transportasi lain seperti kemampuan menjangkau point to point. 

”Sekarang sudah ada bus yang menyediakan air purifier, yang bisa menjadi selling point yang diminati masyarakat,” ujar Budi, Minggu (14/3/2021).

Mengutip pernyataan presiden, Budi menyatakan di masa pandemi ini pelaku industri harus bisa mengeluarkan ide dan trobosan baru. 

Baca juga: Pemberian PPnBM Dinilai Tak Sejalan dengan Kebijakan Kemenhub untuk Masyarakat Naik Angkutan Umum

”Di situasi sulit ini kita berkreasi agar usaha-usaha kita berubah dengan cara yang kreatif. Saya yakin bahwa ini bermakna untuk bangsa dan industri transportasi darat. Saya dan Dirjen siap mendukung kegiatan-kegiatan kreatif ini,” imbuhnya.

Menhub juga berharap pelaku usaha transportasi mampu memanfaatkan teknologi digital untuk lebih mengenalkan transportasi darat lebih menarik di mata masyarakat. Salah satu upaya tersebut, kata Budi, adalah dengan membuat konten edukasi dan perjalanan yang diupload ke kanal YouTube.

”Dari YouTube, harus kreatif buat judul, view tertentu, sehingga ini jadi satu berita menarik. Konten itu penting sekali, bagaimana angle bisa dibuat menarik,” jelasnya. 

Baca juga: Jumlah Penumpang di Terminal Menurun, Organda: Hanya 40-50% Armada yang Beroperasi

Di kesempatan yang sama, budi juga menyatakan bila pihaknya telah membangun terminal-terminal bus di pulau-pulau besar di Indonesia pada tahun 2021 ini.

”Kami akan bikin satu terobosan di Yogya dan Bandung, di mana terminal tidak kumuh, bahkan dibuat menjadi seperti game center untuk menggaet anak muda. Pemikiran seperti ini kita bayangkan generasi muda jadi kekuatan dan pasar yang bagus,” tandasnya.

Share :

Transjakarta Bersama Higher Uji Coba Bus Listrik dengan Rute Blok M - Balai Kota

Bus listrik merk Higer ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bus konvensional.

Read More
Volvo Buses: Pengemudi Beri Respons Positif Terkait Sistem Bus Otonom

Volvo Buses berada di garis depan penelitian di bidang ini dan bekerja sama dengan akademisi dan mitra lainnya.

Read More
Ambil Bagian di IBE Driving Experimen 2021, Scania Beri Kesempatan Pelaku Usaha Jajal Bus

Scania melihat momentum IBE Driving Experience sebagai kesempatan emas untuk menunjukkan keandalan Scania kepada asosiasi perdagangan dan para pelaku industri.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler