Jakarta, MobilKomersial.com - Penerapan program biodiesel 30 persen atau B30 yang baru saja dicanangkan membuat para pengusaha bus harap-harap cemas.

Pasalnya, sebelum penerapan B30, program mandatori campuran biodiesel B20 yang telah dilakukan pemerintah, membuat kinerja mesin bus menurun karena adanya endapan.

Ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), Kurnia Lesani Adnan, menjelaskan bahwa secara prinsip pihaknya mendukung program pemerintah seperti mandatori B20 dan B30. 

"Prinsipnya kami dukung program pemerintah. Namun, para pihak yang terkait mohon memberikan perhatian juga terhadap dampak dari B30 ini," katanya kepada MobilKomersial.com, Kamis (16/1/2020).

Baca juga : Truk dan Bus Mercedes-Benz Siap Tenggak Biodiesel B30

Lebih jauh ia menerangkan, bahwa dampak dari penerapan biodiesel dari kelapa sawit tersebut yakni munculnya gel di filter solar yang belum ada solusinya hingga sekarang. 

"Artinya kemungkinan fame-nya nge-block di fuel filter (saringan solar) akan lebih tinggi," tukas pria yang akrab disapa Sani.

Ia menyebut, sampai saat ini belum ada solusi dari pihak APM (agen pemegang merek).

"APM juga belum bisa menjawab perihal warranty system injeksi pada mesin atas dampak dari kadar bio ini," ungkap pira yang juga menjabat Direktur Utama PO SAN.

Share :

Karoseri Tentrem Rilis 4 Empat Bus dengan Bodi Avante H7 untuk PO EPA Star

Keempat bus ini dipersiapkan untuk melayani jalur Payakumbuh-Bandung Pergi-Pulang (PP).

Read More
Volvo Buses Lakukan Uji Penelitian Bus Swakemudi

Penelitian ini dilakukan dengan bus listrik self-driving di jalur uji di area terbatas. 22 orang penumpang dari berbagai usia yang menggunakan angkutan umum setiap hari, merasakan bagaimana bus menangani sembilan situasi lalu lintas yang berbeda mulai dar

Read More
Volvo Mulai Uji Coba Bus Listrik di Kondisi Iklim Panas, Dubai

Uji coba ini juga mengikuti tes global terbaru Volvo Bus atas solusi elektromobilitas Volvo di iklim panas dengan suhu yang sering melebihi sekitar 40°C.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler