MobilKomersial.com -- Kini bus di Indonesia memiliki tampilan yang menarik. Bentuk dan desain dari bus berasal dari bodybuilder atau yang biasa dikenal dengan karoseri. Di Indonesia sendiri, banyak perusahaan karoseri bus. Malah sudah ada yang karyanya tembus ke dunia Internasional.

Tapi, dari sekian banyak perusahaan otobus (PO) di Indonesia, ternyata ada lho yang setia pada satu karoseri saja. Nah, PO mana saja yang setia ya? Berikut nama PO yang setia pada satu karoseri saja.

1. Sempati Star

PO yang berasal dari Aceh ini mempercayakan seluruh armadanya dibuat di karoseri asal Malang, yakni Adi Putro. PO Sempati Star berawal dari PO Bintang Sempati yang sudah sejak lama tidak beroperasi lagi. Mulai bulan Mei 2012 berganti kepemilikian dan berubah nama menjadi Sempati Star dan mulai beroperasi mulai bulan September 2012.Sejak itu, PO Sempati Star menggunakan jasa karoseri Adi Putro, dan berlangsung hingga kini.

2. A.N.S

PO yang berdiri sejak 1960-an ini sudah sejak lama menggunakan body garapan karoseri Morodadi Prima untuk semua armadanya. Karena loyalitasnya menggunakan jasa Morodadi Prima, PO A.N.S dikabarkan menjadi seller bosy karoseri Morodadi Prima di Sumatera. Jadi, bagi PO bus Sumatera yang lain ingin menggunakan jasa karoseri Morodadi Prima bisamemesan melalui PO A.N.S.

3. Raya

PO asal Solo ini setia pada satu karoseri, yakni karoseri Laksana asal Unggaran, Jawa Tengah. PO Raya yang beroperasi sejak tahun 1960-an dan mulai melayani segmen bus malam pada tahun 1980-an. Loyalitasnya mulai terlihat di era 90-an. Hampir seluruh armadanya kala itu menggunakan body garapan Laksana.

4. Easy Trans

PO asal Magelang ini menyediakan jasa bus pariwisata. Armadanya menggunakan body garapan karoseri New Armada. Malah ada model khusus yang milik New Armada yang menjadi armada busnya, yakni Aristo.

5.MGI (Maya Gapuraning Intan)

Bagi masyarakat Jawa Barat pasti tidak asing dengan dengan PO bus yang satu ini. Khususnya daerah Bandung, Sukabumi, Cianjur serta Bogor. Bus yang berwarna dasar biru dengan livery khas kotak-kotak ini menjadi pelanggan setia dari karoseri Rahayu Sentosa asal Bogor.

6. Surya Bali

Dari dulu hingga kini, PO Surya Bali setia menggunakan body dari karoseri Adi Putro.PO yang bermarkas di Bali ini memiliki seri Marcopolo, Jetbus, Jetbus 2, Jetbus 2 SHD, hingga yang terbaru adalah Jetbus 3+.

Selain itu masih banyak PO yang setia terhadap satu karoseri saja.Seperti Tentrem yang setia pada buatan karoserinya sendiri yakni Karoseri Tentrem.

Share :

Rupanya Begini Cara Baca Sasis Bus Scania

Tidak banyak yang memperhatikan apa arti kode yang terpampang di kaca bagian samping atau depan bus. Seperti Scania K410IB 6X2.

Read More
Begini Cara Artikan Kode Sasis Bus Mercedes-Benz OH 1526

Di Indonesia, Mercedes-Benz memiliki 4 jenis sasis, yakni OH, OF, O 500 dan OC 500 RF 2542. Nah, OH, OF itu apa sih?

Read More
Lagi, PO Rosalia Indah Rilis 5 Unit New Jetbus 3+ SDD Bermesin Scania K410IB

Lima unit bus double decker milik PO asal Palur, Solo ini sudah rilis dari KaroserI Adi Putro, asal Malang, Jawa Timur.

Read More

Terkini

honda

Terpopuler