Hanya, rest area mesti memiliki lahan tambahan yang nantinya siap didesain menjadi terminal. Basuki memastikan, meski lokasi keduanya berdekatan, terminal tidak akan bergabung dengan rest area.

"Kalau rest area yang sekarang kan tempatnya tidak didesain untuk terminal. Jadi harus didesain agar areanya lebih luas lagi," ujar Basuki.

Sementara itu, Direktur Angkutan Jalan dan Multimoda Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Pehubungan Ahmad Yani menjelaskan, sistem turunnya penumpang bus Trans Jawa untuk sementara dilakukan saat bus mengistirahatkan armada-armadanya di Rest Area KM 429 A Ungaran dan KM 519A Solo (untuk rute Jakarta-Surabaya). 

Sedangkan untuk rute sebaliknya, Surabaya-Jakarta, bus bakal berhenti di Rest Area KM 398 B Ungaran dan 519 B Solo.

"Saat bus berhenti, penumpang dapat turun dan melanjutkan perjalanan ke kota terdekat tujuannya. Operator penyedia otobus akan bertanggung jawab menjemput penumpang menggunakan shuttle untuk membawa mereka keluar dari jalan tol," jelas Ahmad Yani.

Seperti diketahui sebelumnya, Pemerintah telah resmi mengoperasikan sedikitnyab36 bus Trans Jawa rute Jakarta - Surabaya pada masa angkutan mudik Lebaran. Bus tujuan terminal tipe A di Kota Pahlawan ini menjanjikan ritase pemberangkatan bus lebih cepat ketimbang angkutan AKAP lainnya.

Share :

KNKT Soroti Pentingnya Kualitas Istirahat Sopir Bus

hingga saat ini masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Padahal istirahat yang cukup bagi seorang sopir guna menekan angka kecelakaan bus

Read More
Aplikasi Inairport, Bisa Pesan Tiket Bus Hingga Tempat Wisata

Aplikasi ini akan memudahkan para penumpang pesawat yang ingin membeli tiket bus atau angkutan travel dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju 59 destinasi di Jabodetabek hingga Bandung.

Read More
Transjakarta Uji Coba Layanan Wayfinding di Koridor 1

Wayfinding adalah segala bentuk grafis yang ditujukan untuk menyampaikan informasi atau pesan pada audiens tertentu. Wayfinding memiliki fungsi untuk menuntun orang agar mencapai tempat tujuan tertentu.

Read More