Hanya, rest area mesti memiliki lahan tambahan yang nantinya siap didesain menjadi terminal. Basuki memastikan, meski lokasi keduanya berdekatan, terminal tidak akan bergabung dengan rest area.

"Kalau rest area yang sekarang kan tempatnya tidak didesain untuk terminal. Jadi harus didesain agar areanya lebih luas lagi," ujar Basuki.

Sementara itu, Direktur Angkutan Jalan dan Multimoda Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Pehubungan Ahmad Yani menjelaskan, sistem turunnya penumpang bus Trans Jawa untuk sementara dilakukan saat bus mengistirahatkan armada-armadanya di Rest Area KM 429 A Ungaran dan KM 519A Solo (untuk rute Jakarta-Surabaya). 

Sedangkan untuk rute sebaliknya, Surabaya-Jakarta, bus bakal berhenti di Rest Area KM 398 B Ungaran dan 519 B Solo.

"Saat bus berhenti, penumpang dapat turun dan melanjutkan perjalanan ke kota terdekat tujuannya. Operator penyedia otobus akan bertanggung jawab menjemput penumpang menggunakan shuttle untuk membawa mereka keluar dari jalan tol," jelas Ahmad Yani.

Seperti diketahui sebelumnya, Pemerintah telah resmi mengoperasikan sedikitnyab36 bus Trans Jawa rute Jakarta - Surabaya pada masa angkutan mudik Lebaran. Bus tujuan terminal tipe A di Kota Pahlawan ini menjanjikan ritase pemberangkatan bus lebih cepat ketimbang angkutan AKAP lainnya.

Share :

Produsen Bus di China Kirim Ratusan Bus dengan Fitur Anti Covid-19 ke Siprus

Sebanyak 200 bus dengan fitur keselamatan yang relevan terhadap pandemi Covid-19.

Read More
Intip Penampakan “Healthcare Bus” Asal Tiongkok, yang Diklaim Bebas Corona

Shanghai Sunwin Bus Corporation meluncurkan Healthcare, sebuah bus pintar yang dilengkapi dengan fasilitas kesehatan mutakhir, yang diklaim bebas virus corona

Read More
Bisnis Bus Pariwisata Tiarap, Gilang Widya Bos PO Juragan 99 Trans Siapkan Skema Alternatif

Juragan 99 Trans tetap menjamin kesediaan layanan namun akan mengubah pola operasi khususnya untuk social distancing demi mencegah penyebaran Covid-19 dengan menghadirkan armada terbaru Avante H8.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler