Jakarta, MobilKomersial.com – Roda ban mobil anda sering tidak lancar, seperti terkunci atau tersendat? Jika laju kendaraan terasa tertahan dan disertai suara aneh pada roda, berarti kurang memberi perhatian pada area roda. 

Kepala Bengkel Astra Peugeot Cilandak Rafi’i Sinurat mengatakan, gejala ban seperti mengunci atau lock terjadi karena kampas rem masih menjepit cakram ketika mobil sedang berjalan. 

”Umumnya terjadi ketika mobil habis jalan lalu dicuci dan tidak jalan dalam waktu lama. Selain proses pengeringan tidak optimal di area roda hingga rawan timbul karat atau residu. Alhasil posisi kampas sulit lagi ke posisi bebas (free),” jelas Rafi’I dikutip dari laman resminya, Senin (22/3/2021).

Baca juga: Buruan Serbu! Potongan Harga 25% untuk Perawatan Peugeot 306 dan 406 Sampai Akhir Maret 2021

Cara untuk meminimalisasi roda terkunci adalah dengan tidak mencuci komponen roda seperti cakram, kaliper dan pelek dalam kondisi panas. Sebelum mencuci, ada baiknya, menunggu komponen pada roda telah stabil suhunya.

Roda mobil harus sering mendapat perawatan bila kendaraan sering melintas di jalan yang tergenang air. Pemilik kendaraan perlu memastikan cakram dan pelek bebas debu, terutama kotoran yang terakumulasi akibat gesekan antar kampas rem.  

”Mencuci rem cakram dan pelek cukup mudah. Layaknya ritual mencuci mobil. Sebab kotor di pelek karena debu itu mudah dibersihkan jika sering dicuci. Apalagi kebanyakan pelek saat ini memiliki finishing dengan lapisan cat,” imbuh Rafi’i.

Baca juga: Tips Membersihkan Kolong dan Spakbor Ala Peugeot

Selain memperhatikan proses pencucian area seputar roda, finishing pelek dengan chrome perlu dilakukan agar bekas gemuk (grease) yang menempel atau membandel cepat dibersihkan.  

Sedangkan untuk pelek bermotif jari atau berpalang, pemilik kendaraan perlu menggunakan sikat halus untuk membersihkan celah sempit di atanra palang. Jika kotoran tersebut membandel, pemilik mobil harus terus membersihkan tanpa menggunakan minyak tanah atau bensin agar cat mobill menjadi kusam.  

 

Share :

Ada Insentif PPnBM 0%, Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli Mobil Baru

Program pemotongan PPnBM 0% untuk kendaraan bermotor yang berlaku mulai Maret hingga Mei 2021 membuat masyarakat mulai memperhitungkan untuk membeli atau mengganti mobilnya.

Read More
Biar Selamat, Begini Cara Duduk yang Benar Saat Mengemudi

Mungkin selama ini Anda menganggap posisi duduk di dalam mobil terutama bagi pengemudi itu tidak penting.

Read More
Tips Membersihkan Kolong dan Spakbor Ala Peugeot

Di masa perubahan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau, pemilik kendaraan diharapkan memperhatikan bagian kolong mobil dan spakbor.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler