Jakarta, MobilKomersial.com - Perjalanan dengan bus tentunya memiliki banyak kelebihan, karena tidak perlu lelah menyetir, harga tiket yang jauh lebih terjangkau, serta dapat lebih cepat sampai tujuan. Bahkan, bus juga menjadi moda transportasi pilihan masyarakat, untuk yang ingin bepergian jauh, mulai dari antarkota, antarprovinsi, hingga antarpulau.

Di Indonesia sendiri, cukup banyak PO bus yang melayani perjalanan dengan rute yang jauh, meskipun kini sudah ada tol Trans Jawa dan tol Trans Sumatera, perjalanan tersebut masih dalam kategori jauh karena harus melewati puluhan ribu kilometer. PO apa saja yang memiliki rute terjauh? Ini daftarnya

1. ALS atau Antar Lintas Sumatera 

PO bus asal Sumatera Utara ini terkenal dengan barang bawaan yang paling banyak diangkut pada bagian atas bus. Bahkan, ALS terkenal dengan julukan si Raja Paket yang berasal dari Sumatera.

Untuk rute terjauhnya, PO bus ini memiliki rute dari kota Medan menuju ke Jember, begitu juga sebaliknya, dengan jarak perjalanan sekitar 2.920 km. Waktu yang ditempuh untuk perjalanan tersebut sekitar satu minggu, bahkan bisa lebih. Untuk itu, bisa dibilang PO ALS merupakan salah satu PO dengan rute terjauh, dan ada juga yang menyebut bahwa PO ALS salah satu yang mengoperasikan rute terpanjang di Asia Tenggara.

2. Putra Pelangi

Perusahaan otobus dari Banda Aceh ini kerap dikenal dengan bus-bus kelas atas. Karena terkenal kemewahan hingga kenyamanan yang ditawarkan. Sebelumnya bus ini bernama PO Pelangi. PO Pelangi mulai terdengar namanya sejak era tahun 1990-an. Namun akhirnya berganti nama menjadi PO Putra Pelangi. PO ini tidak pernah ketinggalan untuk menggunakan sasis terbaru, bahkan premium dan juga bodi berkualitas tinggi.

PO Putra Pelangi dikatakan juga sebagai salah satu bus dengan rute terjauh di Indonesia, yaitu dari Banda Aceh menuju Jakarta dan menempuh jarak kurang lebih 2.551 km, dengan waktu tempuh kurang lebih 55 jam.

3. Medan Jaya

Bus dari Sumatera ini mendapat julukan sebagai sang peluru dari Medan karena terkenal dengan kecepatannya. Bus Medan Jaya ini melayani berbagai rute, salah satu yang tergolong cukup jauh adalah dari Medan menuju Jakarta, yang memiliki jarak tempuh kurang lebih 1.894 km dengan waktu tempuh kurang lebih 38 jam.

Medan Jaya juga melayani rute dari Medan menuju berbagai daerah di provinsi Riau dan Jakarta. Armada bus Medan Jaya sebagian besar menggunakan sasis bus buatan Mercedes-Benz.

Pembagian kelas layanannya menjadi 4 kelas, yaitu kelas patas AC toilet, ekonomi, eksekutif, dan super executive. Khusus untuk bus Medan Jaya kelas super executive, hanya melayani rute Medan menuju Pekanbaru saja.

Share :

Lagi Tren, Bus UHD Milik Universitas Muhammadiyah Jember Jadi Cafe Berjalan

Universitas Muhammadiyah Jember merilis unit bus terbarunya dengan bodi Jetbus 3 UHD produksi Karoseri Adiputro

Read More
Kurangi Kepadatan Penumpang KRL, Perum PPD Uji Coba Bus Trayek Bogor - Jakarta

Pengoperasian bus JRC yang dimulai pada Selasa (4/8) kemarin itu untuk menambah akses transportasi dari Bogor ke Jakarta dan untuk mengurangi kepadatan penumpang kereta rel listrik (KRL).

Read More
BNI Hibahkan 1 Unit Bus kepada Universitas Sebelas Maret Solo

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah dapat hibah satu unit bus dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk kendaraan operasional.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler