Banda Aceh, MobilKomersial.com - Konsumsi BBM subsidi jenis Biosolar setiap tahun menunjukkan peningkatan. Tahun lalu, dari kuota nasional yang ditetapkan sebesar 14,5 juta kilo liter (KL), realisasi penyaluran melebihi kuota mencapai 16 juta KL.

Dari hal tersebut, BPH Migas menerbitkan aturan untuk mengatur konsumsi dan peruntukan BBM subsidi Biosolar.

Dilansir dari laman resmi Pertamina, Unit Manager Communication, Relaltions & CSR  Marketing Operation Region (MOR) I, M. Roby Hervindo menyebut, aturan itu tertuang dalam SK BPH Migas tentang Pengendalian Penyaluran Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu, Oleh Badan Usaha Pelaksana Penugasan Pada Konsumen Pengguna Transportasi Kendaraan Bermotor Untuk Angkutan Orang atau Barang nomor 04/P3JBT/BPHMigas/Kom/2020 tanggal 11 Februari 2020.

"SK tersebut pada intinya mengatur konsumen siapa saja yang berhak mengonsumsi BBM subsidi Biosolar. Kemudian jumlah konsumsinya pun dibatasi per hari sejumlah tertentu sesuai dengan kuota," ungkap Roby.

Baca juga : Di Tengah Wabah Covid-19, Pertamina Jamin Stok BBM Kalsel Terjaga

Pertamina melalui MOR I Sales Area Aceh sudah mulai menerapkan aturan BPH Migas tersebut.

Sebanyak 126 SPBU di Provinsi Aceh telah menerapkan maksimal pembelian Biosolar untuk kendaraan bermotor perseorangan roda empat 60 liter per hari.

Kendaraan bermotor umum angkutan orang atau barang roda empat mendapat maksimal 80 liter Biosolar per hari.

Sedangkan kendaraan bermotor umum angkutan orang atau barang roda enam atau lebih, mendapat Biosolar maksimal 200 liter  per hari. 

Pihaknya juga menjelaskan, setiap SPBU akan mendapat penyaluran Biosolar subsidi sesuai alokasi kuota. Apabila kuota harian telah terpenuhi, maka konsumen diminta menggunakan BBM non subsidi.

"Sesuai SK BPH Migas, setiap pembelian BBM subsidi Biosolar di SPBU juga wajib dicatat nomor polisi kendaraannya," tambah Roby.

Konsumsi rata-rata Biosolar subsidi di Provinsi Aceh selama Maret 2020 sendiri menunjukkan penurunan 2%, atau 994 ribu liter per hari dibandingkan dengan rata-rata normal 1,01 juta liter per hari.

 

(Denny)

Share :

Mobil Diam di Garasi, Ini Cara Merawat Aki Biar Tetap Optimal

Ketika mobil jarang digunakan ini ada hal yang harus diperhatikan terutama soal perawatan aki.

Read More
Perluas Pemerataan Energi di Desa, Pertamina Kembali Dirikan 10 Unit Pertashop di Jawa Tengah  

Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung program pemerataan energi di pedesaan, Pertamina melalui Marketing Operation Region IV bekerja sama dengan Pemerintah Daerah telah membangun 10 unit pertashop yang tersebar di 10 desa di Jawa Tengah.

Read More
Polresta Depok Amankan Travel Gelap Angkut Puluhan Penumpang Tanpa SIKM

Sebanyak 8 unit travel gelap dan kendaraan pribadi diamankan di Depok, Jawa Barat. Travel gelap tersebut kedapatan membawa puluhan penumpang mudik yang kembali ke Depok tanpa dilengkapi surat izin keluar-masuk (SIKM).

Read More
honda

Terkini

Terpopuler