MobilKomersial.com – Kebanyakan orang hanya tahu kalau bus Scania itu mewah dan nyaman. Namun tidak banyak yang memperhatikan apa arti kode yang terpampang di kaca bagian samping atau depan bus. Seperti Scania K410IB 6X2.

Nah ada yang tahu tidak apa itu K, 410, IB dan 6X2?

Jadi, kode tersebut merupakan penjelasan dari jenis mesin, tipe sasis, HP, tipe bus dan konfigurasi. Seperti K untuk menjelaskan jenis mesin yang berstandar Euro III sampai Euro VI. Selain itu juga menjelaskan sasis dengan pusat mesin yang disapasang memanjang dibelakang antara axle paling belakang.

Lalu 410 yang merupakan tenaga mesin yakni 410 hp. Untuk IB ini merupakan dua huruf yang masing-masing memiliki arti. I adalah bus yang diperuntukan untuk antar kota, jarak dekat atau jauh, kenyamanan normal atau biasa saja. Sedangkan B merupakan kode berdasarkan pengguanaan sasis. B untuk bus normal. Dan 6X2 untuk menjelaskan konfigurasi roda bus.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa arti  kode sasis Scania:

Kelas Bus

          E: coach ( regular bus ),  ( Jarak jauh ), high comfort

          I: intercity ( antar kota/ Negara ), (jarak menengah dan jarak jauh ), normal comfort

          U: Fokus utama pada bus kota, ( jarak pendek, Menengah ), normal comfort,

Type chassis

          A: Bus gandeng

          B: Bus regular

          D: Bus tingkat

Konfigurasi roda dan contohnya.

          4x2: two-axle bus

          6x2: tri-axle bus

          6x2/2: tri-axle articulated bus

          6x2*4: tri-axle bus with steered tag axle

          8x2: quad-axle bus (K IB - Khusus bus amerika latin)

          8x2/2: quad-axle articulated bus (Hanya untuk Seri K IA)

Nah, jadi penjelasan sederhana dari sasis Scania K410IB 6X2 adalah Sasis bermesin belakang dengan tenaga 410 hp yang diperuntukan untuk bus kota dengan bentuk bus normal berkonfigurasi 6X2.

Share :

Bus Hidrogen Hyundai Bakal Jadi Armada Bandara Incheon Korsel

Incheon International Airport Corporation (IIAC) di Korea Selatan dalam lima tahun ke depan rencananya akan mengganti armada bus bandara dengan kendaraan bertenaga listrik.

Read More
New Normal Diterapkan, Tarif Tiket Bus Bakal Disesuaikan

Kemenhub berencana menaikkan tarif angkutan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) pada situasi normal baru dengan menyesuaikan kebijakan PSBB.

Read More
Damri Layani Pemulangan Tenaga Kerja Indonesia

Damri sebagai Badan Usaha Milik Negara turut mendukung program Pemerintah, dengan membantu melayani kepulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari luar negeri yang tiba di tanah air untuk melakukan karantina

Read More