MobilKomersial.com - Akhir-akhir ini, Indonesia sedang mengalami cuaca panas terik, dari laporan resmi BMKG menyebutkan bahwa suhu panas mencapai kisaran 33-36,1 derajat celcius per tanggal (1-7/05/2022).

Efek dari cuaca panas ini bisa memengaruhi kendaraan yang kita gunakan untuk beraktivitas, seperti pada bagian interior dan eksterior yang terpengaruh oleh sinar UV. Efeknya bisa berupa cat mobil mengering dan mengelupas, mobil mengalami penuaan dini, retak pada dasbor dan kerusakan pada jok.

Baca Juga: Simak!, Ini 5 Penyakit Mobil yang Muncul Usai Pulang Mudik

Lalu bagaimana langkah yang harus kita lakukan untuk merawat mobil di tengah cuaca panas ini. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan akibat cuaca panas :

Gunakan Lapisan Pelindung 

Salah satu yang harus kita perhatikan agar mencegah efek panas yang berlebihan yaitu dengan menggunakan lapisan wax. Telah terbukti kendaraan yang dilapisi waxing bisa memantulkan sinar UV lebih baik. 

Menggunakan Lapisan Tambahan pada Jendela

Tirai jendela mencegah sinar matahari masuk ke interior. Gunakan tirai pada bagian jendela untuk menghindari sinar matahari langsung. Gunanya agar bisa melindungi komponen plastik di kabin.

Parkir di Area Teduh

Parkirkan kendaraan di tempat yang teduh, hindari terik matahari secara langsung agar terhindar dari efek panas yang menimbulkan bagian cat mobil mengering dan mengelupas, luangkan waktu dan temukan tempat parkir yang terbaik.

Cuci Mobil Secara Teratur

Mencuci mobil secara teratur dapat meningkatkan kesehatan kendaraan menunda penuaan dini. Pastikan bersih dari debu dan partikel lainnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan pada Kondisi Ban Kendaraan Sebelum Mudik

Pantau Tekanan Angin Ban

Mobil yang diparkir di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama berisiko mengalami inflasi berlebih.  Pastikan ban mobil selalu dicek, jika kurang angin segera dipompa agar tidak menimbulkan masalah pada ban akibat efek panas yang berlebihan.

Share :

Simak Cara Mengurangi Idling Truk yang Bikin Hemat Bahan Bakar

Pengurangan 10% waktu idle diperkirakan sama dengan pengurangan 1% biaya bahan bakar ditambah keausan dan kerusakan mesin dan juga pengaruh terhadap lingkungan.

Read More
5 Hal yang Bikin Perjalanan Niaga Jadi Aman dan Nyaman ala Hankook

Dengan jarak perjalanan yang semakin jauh, para pengendara kendaraan komersial harus mempersiapkan beberapa hal agar dapat berkendara secara aman dan nyaman. Terlebih pada daerah iklim tropis seperti Indonesia yang memiliki kondisi cuaca yang tidak menent

Read More
Ngeri-ngeri Sedap, Ini 3 Tips Mengemudi Truk Heavy Duty di Medan Pegunungan

Sebelum menempuh perjalanan dengan medan berbahaya seperti, ada baiknya para pengemudi wajib mempersiapkan segalanya seperti pengecekkan sistem rem, kondisi ban, performa mesin dan lainnya.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler