MobilKomersial.com - General Motors (GM) telah mengumumkan bahwa perusahaannya akan memproduksi truk kelas berat (Heavy-duty) berbasis full elektrik pada tahun 2035.

CEO General Motors (GM), Marry Barra mengatakan bahwa seperti yang diumumkan sebelumnya, rencana perusahaanya adalah membuat semua kendaraan ringan (Light-duty) baru menjadi listrik pada tahun 2035.

"Hari ini, saya senang mengumumkan bahwa kami akan memperkenalkan kendaraan heavy-duty listrik pada jadwal yang sama," ucapnya mengutip gmuthority, Senin (10/1/2022).

Baca Juga: Begini Tampilan Konsep Truk Pikap Listrik dari Toyota

Dirinya mengakut bahwa truk-truk heavy-duty serba listrik ini akan direkayasa untuk menghadirkan pengangkutan dan penarik tugas berat yang mudah, sambil menawarkan kepada pelanggan fitur-fitur baru yang luar biasa dan jangkauan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan terberat.

Meskipun GM akan memperkenalkan teknologi baterai listrik ke truk Heavy-dutynya pada tahun 2035, hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa GM tidak akan menawarkan truk mesin dieselnya yang sebelumnya telah diumumkan bahwa mereka akan berhenti menjual kendaraan ICE pada tahun 2040.

Presiden GM Amerika Utara, Steve Carlisle juga mengungkapkan bahwa para insinyur perusahaan memiliki banyak waktu untuk mengembangkan arsitektur kendaraan listrik yang mumpuni.

"Kendaraan listrik terus mengambil alih dalam indsustri otomotif, diharapkan truk pengangkut dan konstruksi berbasis listrik akan segera menjadi pemandangan umum di sektor kendaraan komersial," jelasnya.

Baca Juga: Chevrolet Resmi Kenalkan Truk Pikap Listriknya Silverado EV 2024

Sebagai langkah awal GM menuju road map keberlanjutan, hal itu dibuktikan dengan peluncuran truk pikapnya Chevrolet Silverado EV 2024 yang baru saja diperkenalkan belum lama ini.

Chevrolet Silverado EV 2024 dalam trim truk kerjanya (WT) akan menampilkan sepasang motor yang akan menghasilkan output daya sebesar 510 dk dengan torsi puncak mencapai 834 Nm yang menawarkan jangkauan hingga 400 mil.

GM mengaku, sebuah truk listrik heavy-duty nantinya akan memiliki pengaturan motor listrik yang lebih kaya torsi untuk meningkatkan angka penarik dan muatan.

Share :

Lewati Rangkaian Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Binjai - Stabat Siap Beroperasi

Untuk ruas Binjai - Stabat yang telah melalui tahapan ULF progresnya sudah mencapai 100% dan telah selesai konstruksinya. Ditargetkan Seksi 1 dari Binjai - Pangkalan Brandan akan rampung konstruksinya dan tersambung pada akhir tahun 2022 mendatang.

Read More
Hyundai Pimpin 87,3% Pasar Kendaraan BEV Indonesia di Tahun 2021

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun 2021, model BEV Hyundai mendominasi penjualan ritel di segmen tersebut dengan 605 unit yang terjual dari total 693 transaksi ritel yang dibukukan Gaikindo.

Read More
SGC Boot Bertenaga Hidrogen Siap Ikuti Baja 1000

embuat mobil Scuderia Cameron Glickenhaus (SGC) telah merilis gambar terbaru SGC Boot, kendaraan balapnya yang akan mengambil bagian dalam off road Baja 1000 November tahun ini. SGC Boot berkonsep pikap boot berbahan bakan hidrogen dengan nol emisi. Seca

Read More