Jakarta, MobilKomersial.com - Siapa yang tidak kenal truk “kepala kuning” yang kini memasuki usia 50 tahun dalam perjalanannya di industri otomotif Indonesia. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), sebagai distributor resmi truk Fuso di Indonesia, sukses mencatat namanya di sejarah Indonesia, sebagai penjual truk terbanyak hingga usianya memasuki 50 tahun kini.

Bahkan pada Januari 2017 lalu, KTB berhasil mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai perusahaan dengan “Pencapaian Penjualan Truk Terbanyak” di Tanah Air. Tentu saja hal tersebut merupakan hasil kesuksesan dari perjalanan panjang KTB berkiprah di Indonesia.

“Atas pencapaian tersebut, kami tentunya semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia,” ujar Direktur Sales & Marketing KTB, Duljatmono.

Baca juga : Truk Kepala Kuning Mitsubishi Canter, Tinta Emas 50 Tahun KTB di Indonesia

Berawal dari tahun 1970, saat PT New Marwa menjadi distributor resmi Mitsubishi Colt Diesel T100, sambutan positif dari model truk pertama tersebut menjadikan tombak kesuksesan KTB. Besarnya respon masyrakat pun mendorong New Marwa menghadirkan generasi penerusnya yakni T120

Tepat pada tahun 1973, PT New Marwa berubah nama menjadi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), yang kemudian menghadirkan generasi ketiga dari Mitsubishi Fuso, yakni Canter T200.

Lalu pada tahun 1979, barulah Tipe FE101 dan FE111 yang berwarna kuning muncul, diikuti kehadiran 104 di tahun 1984 sebagai Colt Diesel 4 ban. 

Kedua truk inilah yang menjadi awal dari julukan truk “kepala kuning” yang sangat sukses di pasaran kala itu. Awal dari julukan itu bermula saat KTB menggunakan warna khas kuning pada kedua unit terbarunya, yang hingga kini menjadi ciri khas dari produk KTB.

Share :

KNKT Soroti Kasus Kecelakaan Akibat Truk Over Load

”Dulu, ODOL lama dibiarkan tanpa penindakan, jadi kalau sekarang ingin memberantas ya perlu waktu. Apapun statistiknya, kecelakaan akibat ODOL cukup meningkat. Pemerintah sedang menggalakkan operasi ODOL saat ini.

Read More
Maung Pindad Siap Dibuat Versi Sipil, Harganya Rp 600 Jutaan

Maung sendiri merupakan kendaraan taktis ringan (rantis) yang dirancang sejak 2018 untuk keperluan militer dengan spesifikasi pertempuran jarak dekat.

Read More
Aptrindo: Dishub Wajib Tilang Pengguna Tanduk Truk

Wakil Ketua II DPP Aptrindo Sugi Purnoto menyayangkan pembiaran pengguna tanduk kendaraan. Menurut dia, penggunaan tanduk juga masuk dalam kategori overdimensi karena ditambahkan usai kendaraan di-KIR.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler