Jakarta, MobilKomersial.com - Bagi yang ingin plesiran ke wilayah Banyuwangi, Jawa Timur, kini Kementerian Perhubungan bersama Perum Damri menyediakan layanan angkutan wisata gratis.

Angkutan gratis itu akan membawa para wisatawan dari halaman parkir Taman Sritanjung menuju tempat-tempat wisata seperti Taman Nasional (TN) Alas Purwo, Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, dan Taman Nasional Baluran.

Damri menyiapkan 8 armada yang terdiri dari empat unit medium bus masing-masing berkapasitas 20 orang, dan empat unit Hiace berkapasitas 14 orang per armada.

General Manager Damri Banyuwangi, Resta Mahardika mengatakan, pihaknya mendapatkan perintah dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub untuk program pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi covid-19. 

"Ini bagian dari program angkutan gratis bagi wisatawan pada kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN), salah satunya di Banyuwangi. Program ini sudah jalan sejak 15 Oktober 2020 dan akan berlanjut hingga akhir tahun," kata Resta.

Baca juga : Dukung Pemulihan Kawasan Wisata, Damri Kembangkan Rute Baru di Yogyakarta

Lebih jauh Resta menjelaskan bahwa, layanan ini akan disediakan setiap hari dengan menggunakan standar protokol kesehatan Covid-19.

"Baik petugas maupun penumpang wajib dicek suhu tubuhnya, menggunakan masker, jaga jarak, dan rutin menggunakan hand sanitizer. Ini wajib dilakukan agar kita semua terhindar dari covid-19," terangnya.

"Penumpang silakan mendaftar ke petugas. Saat ini kami tengah menyiapkan aplikasi pendaftaran online-nya. Ke depan, penumpang cukup mendaftar lewat Damri Apps, untuk menyesuaikan jadwal dan kuota yang ada," jelasnya.

Simak juga : Dukung KSPN, Damri Resmi Operasikan Angkutan Wisata Trayek Batu – Bromo Malang

Untuk jam operasional, Damri membuka pelayanan berbeda pada tiap rute, seperti rute Kawah Ijen, berangkat pukul 09.00 WIB, 15.00 WIB, 21.30 WIB dan pulang pukul 09.00 WIB, 15.00 WIB, 21.30 WIB).

Rute Baluran, berangkat pukul 07.30 WIB, 12.00 WIB, 15.00 WIB dan pulang pada pukul 09.00 WIB, 11.00 WIB, 17.00 WIB. 

Rute Taman Nasional Alas Purwo, berangkat pada pukul 07.00 WIB, 08.30 WIB dan pulang pukul 14.30 WIB, 15.30 WIB.

Untuk rute selanjutnya, Pulau Merah ada 2 kali keberangkatan, pukul 09.00 WIB dan 11.00 WIB. Pulang pukul 15.00 WIB dan 17.00 WIB.

Share :

Ini Spesifikasi Bus Listrik Hyundai Elec City yang Jadi Kendaraan Resmi Piala Dunia Qatar 2022

Menjadi kendaraan resmi di Piala Dunia Qatar 2022, Hyundai Motor Company menurunkan 446 kendaraan listrik dan hybrid serta 10 bus listrik untuk menjadi moda transportasi bagi penonton hingga petinggi FIFA.

Read More
Menjelang Akhir Tahun, Bus Kabin Nyaman Bisa Jadi Pilihan Untuk Liburan

Menjelang akhir tahun memang paling enak pergi berlibur dengan keluarga menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), selain harganya yang terjangkau menggunakan bus juga mendapatkan pengalaman berbeda apalagi menaiki bus dengan kabin yang tak biasa.

Read More
Jerman Mulai Kembangkan Bus Listrik Bertenaga Surya

Bus listrik tenaga surya ini diprakarsarai oleh Sono Motors sebagai OEM (Original Equipment Manufacture) mobilitas surya yang berbasis di Munich, Jerman yang bekerjasama dengan Pepper Motion sebagai OEM internasional untuk eletrifikasi kendaraan baru maup

Read More
honda

Terkini

Terpopuler