MobilKomersial.com -- Bagi para penggemar bus mungkin tidak asing dengan kode Mercedes-Benz OH 1526 pada bus. Iya ini merupakan kode yang menjelaskan berat kosong kendaraan dan tenaga yang dimiliki. Maksudnya gimana?

Di Indonesia, Mercedes-Benz memiliki 4 jenis sasis, yakni OH, OF, O 500 dan OC 500 RF 2542. Nah, OH, OF itu apa sih?

Mari simak dulu penjelasan singkat arti dari kode tersebut.

1. OF (Mesin Depan)

2. OH (Mesin Belakang)

Dan kalau dijabarkan lagi seperti ini:

O =  Omnibusse, artinya bus

F =  Fronteinbau, artinya front installation

H =  Heckeinbau, artinya rear installation

Sampai disini sudah paham?

Selanjutnya ada angka seperti 1526.Yang dimaksud dari angka tersebut adalah penjelasan tentang Gross Vehicle Weight (GVW) dalam satuan ton dan horse power(hp). Jadi kalau Mercedes-Benz OH 1526 dapat diartikan bus bermesin belakang dengan GVW 15 ton bertenaga 260Hp.

Hal ini juga disampaikan oleh Head of Product Bus and Sales PT. DCVI, Adri Budiman. "Kode yang biasanya tertera pada kaca bus itu menjelaskan berat GVW dan tenaganya.Jadi kalau 1526, 15 nya itu berat kosongnya 15 ton dan dua angka terakhirnya menjelaskan kalau sasis bus ini memiliki tenaga 260 hp," ujarnya.

Nah, bagaimana? Jadi kode tersebut menjelaskan spesifikasi sasisnya.

Jenis Sasis bus Mercedes-Benz di Indonesia juga cukup banyak. Seperti OH 1526, OH 1626, OF 917, OF 1623 RF, O 500 RS 1836, O 500 U 1726 dan OC 500 RF 2542.

Selain kode OH dan OF, ada juga O 500 dan OC 500 RF.

Kalau untuk seri OC 500 RF merupakan sasis bus modular berlantai tinggi. RF merupakan singkatan dari Raised Floor. Di Indonesia, sasis ini sering digunakan untuk bus tingkat atau double decker.

Share :

Karoseri Tentrem Rilis Varian Baru Avante H7X yang Tampil Tanpa 'Bando'

Saat sejumlah operator bus terfokus menyelamatkan perekonomian bisnis transportasinya yang merosot, salah satu karoseri tertua itu diam-diam merilis bodi bus varian baru dari produknya, yakni Avante H7X.

Read More
Damri Lakukan Pembatasan Perjalanan Orang, untuk Percepatan Penanganan Covid-19

Damri selaku Badan Usaha Milik Negara bidang transportasi yang berada dibawah Kementerian Perhubungan, juga ikut mendukung program Pemerintah untuk melakukan Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19.

Read More
Transjakarta Raih 3 Penghargaan di Ajang Nasional TOP Digital Innovation

Transjakarta sukses meraih 3 penghargaan di ajang nasional TOP Digital Innovation Award 2020. Transjakarta berhasil menang dalam 3 kategori, dengan mengalahkan 30 perusahaan BUMN lainnya.

Read More