Jakarta, MobilKomersial.com – Seiring merebaknya reflektor cahaya palsu di pasaran, Kasubag TU UP PKB Pulogadung Fatchuri memperingatkan agar pemilik kendaraan berhati-hati dan tidak sembarangan memilih reflektor cahaya. 

Menurut Fatchuri, penggunaan reflektor cahaya diwajibkan bagi kendaraan di mana ketentuan tersebut diatur di dalam Peraturan Peraturan Dirjen Hubdat No: KP.3996/AJ.502/DRJD/2019 tentang Pedoman Teknis Alat Pemantul Cahaya Pada Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan, dan Kereta Tempelan. 

”Sekarang banyak beredar reflektor cahaya palsu dan sudah banyak beredar di pasaran. Bentuk dan warnanya sangat mirip dengan aslinya. Tapi ketika diperiksa dengan alat khusus bisa ketahuan ini palsu,” kata Fatchuri kepada MobilKomersial.com beberapa waktu lalu. 

Terkait hal ini, pihaknya mengimbau pada masyarakat agar berhati-hati membeli reflektor cahaya dan memastikan mencari reflektor cahaya yang asli. 

Fatchuri juga menuturkan bila membedakan mana yang asli dan palsu itu sulit dan tidak bisa dilihat dari logo dan standar internasional di reflektor, karena baik yang asli atau yang palsu sama-sama, memiliki logo dan standar internasional. 

Baca juga: Bagian Kendaraan Ini yang Akan Dicek Saat KIR

”Alat ukur adalah satu-satunya yang bisa melihat mana yang asli dan mana yang tidak. Kami biasa mengukur itensitas pemantulan cahaya menggunakan Retrorelectometer. Untuk kandela minimumnya, warna kuning minimal 300, putih 450, merah 120” jelasnya. 

Untuk diketahui, alat pemantul cahaya dibuat menggunakan  material mikro prismatik dan memiliki durability adhesive yang kuat dipasang pada media penempelan. Alat pemantul cahaya tidak luntur , tahan korosi, minyak, penetrasi air, panas dan pembersihan. 

 

(Denny)

Share :

Transjakarta Dinobatkan Sebagai BUMD Terbaik Versi Majalah Warta Ekonomi

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dinobatkan sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terbaik 2021 versi majalah Warta Ekonomi. Di

Read More
Jasa Marga Luncurkan Travoy 3.0, Bisa Hitung Total Tarif Tol dan Cek Kepadatan Lalu Lintas

Dalam rangka HUT Ke-43 yang jatuh pada 1 Maret 2021 lalu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk meluncurkan aplikasi Travoy (Travel With Comfort and Joy) 3.0.

Read More
Selain Dapat Insentif PPnBM 0%, Beli Duo Xpander Banyak Bonusnya, Simak Promo Lengkapnya

MMKSI menyiapkan berbagai penawaran dan program penjualan seperti pilihan program pembiayaan, gratis biaya jasa dan asuransi hingga keuntungan dari kebijakan insentif PPnBM 0 persen.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler