MobilKomersial.com -- Perusahaan Otobus (PO) Budiman terbilang sangat populer di kalangan masyarakat Jawa Barat. Sampai-sampai bus asal Tasikmalaya ini mendapat julukan penguasa jalur selatan Jawa Barat. Di kota asalnya sendiri, PO ini disebut sebagai salah satu perusahaan transportasi umum terbesar dan terpopuler. 

Saat ini PO Budiman memiliki trayek yang menghubungkan berbagai kota di sisi selatan Jawa Barat hingga ke Jawa Tengah. Beberapa kota tersebut adalah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, Serang, Bandung, Tasikmalaya, Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Bus reguler Budiman terkenal memiliki frekuensi keberangkatan yang tinggi. Bus ini berangkat setiap 45-60 menit sekali, dari pagi hingga malam.

Nah, dari sekian armada bus yang dimiliki, mesin dan karoseri mana yang paling banyak digunakan oleh PO Budiman saat ini.

Menurut sumber yang di kutip dari halaman facebook @Budimanbus, sejak awal berdirinya, PO. Budiman pernah menggunakan body bis dari 7 karoseri, yakni Adi Putro, Rahayu Sentosa, Laksana, Tentrem, Merpati Bali, Tugasanda dan Tri Sakti.

Kalau untuk mesin apa yang digunakan, PO Budiman paling banyak menggunakan mesin Mercedes-Benz. Di awal berdiri, penguasa jalur selatan ini menggunakan 4 unit bus Mercedes-Benz OF 1113 dengan mesin didepan. Karena hanya ada 4 unit, perusahaan memberi no.lambung OF 001 s.d OF 004. Namun saat ini, OF 1113 sudah dipensiunkan.

Untuk saat ini, beberapa koleksinya adalah Mercedes-Benz 1518/XBC EURO3 dengan bodi Jetbus 2++ HDD garapan Adi Putro. Ada juga Mercedes-Benz OH 1526 dengan bodi Jetbus 3+HDD, bahkan PO Budiman juga mempunyai chasis premium yaitu Mercedes Benz O500R 1836 sebanyak 12 unit.

Baca juga : PO Budiman, Sang Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat

Namun selain Mercedes-Benz, PO Budiman tetap menggunakan sasis dari produk lain, seperti Hino, Mitsubishi dan Volvo. Berikut rinciannya :

Mercedes Benz
– OF 1113 [OF] (pensiun)
– OH 1518 [DS/DL]
– OH 1521 [IL]
– OH 1518 (Euro3) [E]
– OH 1525 [E/2E]
– OH 1526 [3E]
-- O500R 1836 [BT]

Hino
– Hino AK [HP]
– Hino RG [R]

Mitsubishi
– Mitsubishi BM 
– Mitsubishi RM [RT/RM]

[B]Volvo
– Volvo B7R [VL]

Share :

Keren! Bus SHD Karoseri Laksana Ini Didesain Buat 'Nyenyak Tidur', Kaya Apa Sih?

Di dalam kabin, bus yang diketahui punya PO Sinar Jaya ini punya desain sleeper dengan kursi yang bisa buat 'selonjoran'.

Read More
Volvo Kebanjiran Orderan Bus di Abu Dhabi

Departemen Transportasi Abu Dhabi kini telah memesan 168 coach Volvo antarkota premium.

Read More
Ini Nama Perusahaan Otobus Pertama yang Menggunakan Sasis Scania di Indonesia

Scania bersaing dengan Mercedes-Benz, Volvo dan juga Hino.

Read More