Jakarta, MobilKomersial.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta rencananya akan mulai mengoperasikan bus Transjakarta bertenaga listrik dalam waktu dekat. Namun, masih banyak yang belum mengetahui berapa tarif bus listrik tersebut?

Direktur Utama PT Transjakarta, Agung Wicaksono mengatakan,  tarif bus listrik akan sama dengan bus Transjakarta konvensional berbahan bakar solar. 

Menurut Agung, besaran tarif tersebut karena aturan yang ditetapkan Pemerintah tentang tarif angkutan umum seperti bus tidak didasari bahan bakar yang digunakan bus tersebut. 

"Selama ini tarif yang ditetapkan oleh Pemerintah tidak didasari oleh bahan bakar. Tarif kepada pelanggan itu semuanya sama. Saat ini, ada yang pakai solar ada yang pakai gas toh tarifnya sama, tidak ada yang beda," kata Agung, beberapa bulan lalu.

Baca juga : Lagi, Kini Garuda Indonesia Operasikan Bus Listrik MAB

Simak juga : Kurangi Polusi, Anies Akan Segera Operasikan Bus Listrik Transjakarta

Meskipun bus listrik diketahui punya harga yang lebih mahal tiga kali lipat yakni sekitar Rp 2 miliar, Namun, kata Agung, biaya perawatan dan operasional bus listrik jauh lebih murah. 

"Bus listrik itu jumlah komponennya sangat sedikit, di bawah 20. Sedangkan yang namanya bahan bakar solar itu ratusan komponennya. Itu yang membuat tarif bus listrik nantinya sama dengan bus berbahan bakar solar," terangnya. 

Seperti diketahui, tarif bus Transjakarta saat ini dipatok sebesar Rp 3.500 untuk tiap perjalanan.

Share :

Dishub DKI Sediakan Bus Sekolah Gratis, Antisipasi Lonjakan Penumpang KRL

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta menyiapkan puluhan bus sekolah, untuk mengangkut sebagian penumpang KRL

Read More
Hyundai Luncurkan Minibus Listrik, Baterainya Bisa Tempuh 250 Kilometer

Hyundai Motor Company memperkenalkan County Electric untuk pasar Korea

Read More
Hari Ini TransJakarta Kembali Operasikan 107 Rute Tambahan, Berikut Daftarnya

Mulai tanggal 1 juli 2020, TransJakarta kembali mengoperasikan 107 rute yang sempat dihentikan karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

Read More