Jakarta, MobilKomersial.com - Di tengah kesibukan dan rutinitas pekerjaan yang terkadang membuat kita merasa jenuh dan bosan, berkumpul bersama rekan-rekan komunitas menjadi salah satu cara untuk mengusir rasa jenuh sekaligus mencari pengalaman menarik dan mengesankan, termasuk diantaranya komunitas otomotif. 

Tak jarang, anggota sebuah komunitas akan menyempatkan waktunya untuk sekedar berkumpul untuk kopi darat, hingga melakukan kegiatan memakan waktu lebih lama seperti touring bersama.

Salah satu komunitas otomotif yang sudah lama terbentuk dan telah dikenal secara luas di tanah air, Komunitas Trailblazer Indonesia (TBZI) tak ketinggalan secara berkala juga melakukan kegiatan touring bagi para anggotanya. Salah satunya adalah yang diadakan pada tanggal 29-30 Juni lalu, bertempat di Pantai Anyer. 

TBZI, yang merupakan wadah bagi para pecinta Chevrolet untuk mempererat keakraban dan berbagi pengalaman seputar kendaraan, membagi beberapa tips yang diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan pada saat touring bersama komunitas.

Baca juga : Begini Cara Jaga Mobil Tetap Bersih Agar Nyaman Saat Dipakai

Berbeda dengan berkendara secara tunggal atau sendirian, berkendara dalam rangkaian membutuhkan kewaspadaan yang lebih untuk menjaga keamanan saat berkendara (safety driving). 

Apabila berkendara sendiri, prioritas utama adalah keselamatan diri sendiri dan penumpang. Namun lain halnya jika Anda berkendara bersama komunitas, dimana Anda dituntut untuk dapat bekerja sama dengan anggota lainnya. 

Berikut tips yang dapat dijadikan sebagai panduan untuk mengadakan kegiatan touring bersama komunitas:

1. Periksa kondisi kendaraan Anda

Terlepas dari cara mengemudikan kendaraan, penting bagi seorang pengendara untuk mempelajari hal dasar seperti memeriksa kondisi kendaraan sebelum bepergian, misalnya memeriksa kondisi kendaraan seperti lampu, oli, rem, ban dan air wiper. Selain itu, jangan lupa memeriksa kondisi ban cadangan. Lalu, pastikan bahan bakar penuh dan tidak habis sampai dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) berikutnya.

Jangan lupa memeriksa apakah ada cairan yang berasal dari kebocoran pada salah satu komponen kendaraan. Dan lagi persiapkan nomor layanan yang dapat dihubungi saat darurat termasuk layanan derek mobil.

2. Rencanakan Rute yang Akan Dilalui

Cek rute perjalanan Anda untuk memastikan tempat pemberhentian penting yang mungkin diperlukan, seperti tempat peristirahatan, SPBU untuk mengisi bahan bakar dan bengkel untuk keadaan emergency. Anda juga bisa memanfaatkan fitur petunjuk arah (GPS) untuk memastika bahwa Anda tetap berada di arah yang benar.

Share :

Jangan Asal Pasang, Ini Tips Cara Memilih Kaca Film yang Bagus

Selama ini masih ada persepsi yang salah dalam hal memilih kaca film. Kebanyakan orang saat ini memasang kaca film selalu terfokus pada tingkat kegelapan, jadi hanya asal pasang.

Read More
Jangan Remehkan, Lihat Tanda-Tanda Aki Mobil Sudah Harus Diganti

Pada aki biasanya terdapat keterangan jadwal penggunaan pertama kali.

Read More
Dalam Keadaan Darurat, Begini Cara Gunakan Tombol Darurat Grab dan Gojek

Selain tombol darurat, kedua platform transportasi online ini juga memiliki fitur keselamatan lain yaitu 'Bagikan Informasi Perjalanan' (Share My Ride).

Read More
honda

Terkini

Terpopuler