Jakarta, MobilKomersial.com – Setiap ada aksi demo yang melibatkan massa besar, pasti dijumpai kendaraan ini. Seperti yang terjadi di depan kantor Bawaslu tanggal 22 Mei 2019 lalu.  Namanya Water Cannon atau meriam air. Maklum. Ini termasuk kategori Rantis atau Kendaraan Taktis milik Polri. Diterjunkan untuk operasi pengendalian massa dan penanggulangan kerusuhan. Dioperasikan oleh satuan Sabhara dan Brimob. Lalu menggunakan mesin dan sasis apakah Rantis ini? 

 

Ternyata, mobil meriam air ini menggunakan basis mesin dari truk. Sebelum tahun 2018, Polri banyak menggunakan water cannon tipe DWC6500. Diproduksi oleh Daeji car (Daeji P&I) dari Korea Selatan. Menggunakan mesin diesel dari Daewoo dengan kapasitas 6500 cc. Mesin ini mempunyai power hingga 340 HP. 

Fitur yang disematkan layaknya panser. Mulai bodi lapis baja antipeluru, 4 kamera dengan perekam dan monitor pemantau, serta 2 meriam air yang dikendalikan dengan joystick. Ban sudah menggunakan Runflat tire. Teknologi ban yang bisa digunakan hingga puluhan kilometer meski tanpa angin. Kabin truk ini bisa diisi dengan 5 personel. Sopir, navigator dan 3 operator.

Baca Juga: Mitsubishi Fuso Serahkan 1 Unit Truk untuk Bantuan Kemanusiaan ACT

Tanggal 30 Mei 2018 Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri India Shri Narendra Modi memperkuat kerja sama di bidang pertahanan. Salah satu hasilnya adalah peresmiaan water cannon hasil kemitraan antara industri pertahanan nasional PT Pindad dengan Tata Motors Limited dari India.

Share :

Walaaahh, Seperti Ini Ternyata Truk Terbesar Di Dunia...

Salah satu dump truk terbesar yakni Belaz-75710 yang merupakan produksi dari perusahaan Belarusia

Read More
Tata Ultra 1014 Akan Diluncurkan di GIIAS 2019, Apa Saja Kelebihannya?

PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) akan meluncurkan varian terbaru truk ringan, New Tata Ultra 1014 WB 45 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada bulan Agustus nanti.

Read More
12 Truk Mercedes-Benz Axor Jadi Armada Logistik PT Iron Bird

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) agen tunggal kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia bersama PT Citrakraya sebagai delar resmi DCVI menyerahkan 12 unit truk Mercedes-Benz Axor 4928 dan Axor 4028 kepada PT Iron Bird Logistics.

Read More