MobilKomersial.com --- Memiliki ruang istirahat atau sleeper cab pada kabin truk yang menempuh perjalanan jauh merupakan bagian penting karena pengemudi dapat bergantian beristirahat dengan pengemudi lainnya tanpa harus berhenti atau meninggalkan kendaraan serta lebih menghemat biaya selama perjalanan.

Biasanya Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia yang menjual truk untuk menempuh perjalanan jauh menyediakan ruang istirahat atau tempat tidur di belakang kursi pengemudi, ruang istirahat itu biasanya hanya dapat memuat satu orang.

Baca juga: Memahami Berbagai Istilah yang Digunakan Dalam Standar Konfigurasi Truk

Hal tersebut memungkinkan anggota tim yang mengemudi untuk tetap berada di jalan selama beberapa hari atau minggu pada suatu waktu, sehingga bisa bergilir untuk mengemudi sementara truk tetap terus bergerak.

Ruang istirahat bagi pengemudi dimulai dari yang hanya selebar orang dewasa dan hanya muat untuk satu orang hingga ada yang cukup mewah serta dapat menampung 2 orang sekaligus, dan dilengkapi ranjang susun.

Selain itu, ada pula sleeping cab yang dilengkapi dengan sedikit kemewahan seperti penambahan lemari es, microwave televisi, konsol permainan dan lain-lain. Untuk head traktor tipe tertinggi, biasanya dilengkapi dengan penyimpanan untuk barang-barang pribadi, gorden dan pengontrol cuaca.

Baca juga: Mengenal Jenis Truk Crane yang Digunakan Untuk Mengangkut Material Berat

Satu-satunya yang belum tersedia hanyalah kamar mandi. Truk dengan kelengkapan seperti itu bisa ditemui pada truk di luar Indonesia.

Dilansir dari laman Chakra Jawara, distributor truk Iveco di Indonesia, secara fungsi ruang istirahat sangat penting bagi para pengemudi. Meskipun kabin truk trailer menjadi lebih panjang, namun ruang tersebut menjadi lebih luas dan leluasa untuk beristirahat.

Sleeper cab juga membantu para pengemudi menyimpan barang bawaan seperti perlengkapan baju, makanan dan sebagainya, sehingga tidak mengganggu ruang kemudi. Selain itu, juga bisa menghemat biaya transportasi perjalanan, karena pengemudi tak perlu menyewa penginapan ketika melakukan perjalanan jauh.

Di Indonesia sendiri setiap truk kargo dan dump truk memiliki ruang istirahat, namun dengan ukuran standar, yang umumnya hanya bisa digunakan secara bergantian. Meski demikian fitur ini tetap sangat berguna karena bagaimanapun berkendara dengan alat berat tentunya akan sangat melelahkan. Sehingga adanya ruang istirahat bisa membantu memulihkan tenaga setelah beristirahat secara maksimal.

Baca juga: Berikan Perlindungan Maksimal, Oli Motor Matik Wealthy Vigorous Bisa Digunakan sampai 5.000 KM

Share :

Begini Cara Kerja SCR Pada UD Trucks Euro 5 Yang Bikin Lingkungan Lebih Bersih

Teknologi SCR ini merupakan sistem pengolahan emisi yang mengurangi polutan berbahaya seperti nitrogen oksida (NOx) dan partikulat yang dihasilkan selama pembakaran mesin kendaraan seperti truk.

Read More
Fuso Ubah Truk Canter Jadi Kantor Berjalan, Bikin Kerja Tambah Rileks

NomadPro Canter merupakan kendaraan berbasis Fuso Canter sebagai truk tugas ringan (light duty) yang direnovasi berdasarkan konsep yang berfokus pada pemanfaatan 'kekuatan' alam atau ramah lingkungan berkat penggunaan materialnya.

Read More
Dipakai Pemkab Probolinggo Untuk Perbaiki Jalan, Apa Kelebihan Truk Alpomain?

Guna mempersingkat waktu dan mempercepat proses perbaikan jalan rusak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) membeli truk multi fungsi Alpomain.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler