Mobilkomersial.com --- Mercedes-Benz mengumumkan telah mempertemukan kembali salah satu pengemudi truk dari tim balap Formula 1 (F1) McLaren, Ian Hodges dengan truk Mercedes-Benz Actros yang sudah berusia 25 tahun yang pernah ia kendarai ke setiap sirkuit balap di seluruh Eropa.

Dilansir laman resmi Mercedes-Benz Trucks pada Senin (7/11/2022), ada tahun 1997, Ian Hodges untuk pertama kalinya bergabung dengan tim F1 Mclaren yang sekaligus menjadi tahun pertama Mercedes-Benz untuk memperkenalkan inovasi yang belum ada di jajaran truk di Eropa.

Baca Juga: Uji Coba Truk Tim F1 Mercedes Pakai Bahan Bakar Biofuel, Mampu Kurangi Emisi 89 Persen

Truk tersebut adalah Mercedes-Benz Actros 2557 6x2 MegaSpace. Secara khusus, truk tersebut adalah salah satu dari tiga kendaraan yang digunakan untuk mendukung tim McLaren dalam kalender balapan F1 mereka.

Truk itu menjadi armada transporter tim balap Mclaren yang membawa mobil MP4/12 milik pembalap Mika Häkkinen dan rekan setimnya, David Coulthard, serta insinyur balap & trailer komunikasi, hingga tim medis.

Namun, seperempat abad kemudian, setelah McLaren resmi menjalankan truk buatan Swedia, Ian Hodges menghabiskan waktunya di belakang kemudi truk Actros 4×2 generasi kelima yang memiliki model yang sangat mencolok dan ikonik.

Kendati demikian, di tahun 2022 ini, pengemudi truk McLaren itu telah dipertemukan kembali dengan rekan lamanya yaitu, Actros 2557 6x2 MegaSpace berkat kerja keras perusahaan restorasi, Dominic Newby usai berkunjung ke McLaren Technology Center di Surrey, Inggris.

Baca Juga: Pakai Teknologi Full Air Brake, Cara Mercedes-Benz Tekan Kecelakaan Bus Akibat Rem Blong

Dengan begitu, Ian Hodges dan rekan-rekannya pun tentu tidak dapat menolak kesempatan untuk membandingkan dan membedakannya. Selain itu, mereka juga ingin mengingatkan diri mereka sendiri seberapa banyak teknologi truk ikonik itu telah berkembang.

"Saya memiliki kenangan yang sangat indah tentang Actros pertama, ini adalah truk yang indah, dengan interior yang juga indah. Saya telah bekerja dengannya (Mercedes-Benz) dan sebagian besar karir saya ada di McLaren," ungkap Ian dengan Antusias.

Generasi pertama truk Actros ini direstorasi selama sembilan bulan oleh Dominc Newby.Dimana dalam pengerejaannya, mereka telah membongkar habis truk tersebut dan digantikan dengan beberapa komponen baru termasuk sistem kelistrikan dari airbag suspensi.

Mercedes-Benz Actros 2557 6x2 MegaSpace ini ditenagai dengan mesin diesel 8-silinder (V8) yang diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 570 dk. Truk ini dilapisi dengan cat two-tone dimana pada saati itu warna tersebut dianggap sangat menawan.

Baca Juga: Kenalan Dengan Naeem Hasim, Presiden Direktur Mercedes-Benz Truck dan Bus Indonesia

Dominic Newby adalah kontributor platform Roadstars Mercedes-Benz Trucks yang telah memenangkan sejumlah penghargaan restorasi unit traktor Mercedes-Benz 1622 sejak tahun 1976 dan tertarik untuk mengambil proyek lain seperti restorasi truk bersejarah.

“Hampir tidak ada Actros generasi pertama yang tersisa dan karena yang satu ini sangat unik, saya tidak bisa melewatkan kesempatan untuk memberinya kesempatan hidup baru,” ucap Dominic Newby.

Share :

Kenalan Dengan Naeem Hasim, Presiden Direktur Mercedes-Benz Truck dan Bus Indonesia

Kepemimpinan Naeem Hassim menjadi babak baru bagi Mercedes-Benz Truck and Bus, sebelumnya Naeem telah menjabat sebagai Head of Regional Center Africa, Daimler Truck Overseas (DTO).

Read More
Rahayu Santosa, Karoseri Kawakan Indonesia yang 'Mati' Karena Zaman

Perusahaan karoseri Rahayu Sentosa (RS) berdiri sejak tahun 1951 oleh Bambang Mulyadi. Awalnya, Rahayu Santosa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi umum.

Read More
Membedah Profil Isuzu ELf NQR 71, Bus Medium yang Dipakai untuk BRT Trans Cirebon

Isuzu Elf NQR 71 merupakan bus medium yang menawarkan sasis lebih panjang dengan dilengkapi power steering, hidraulic brake booster dan suspensi khusus untuk penumpang.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler