MobilKomersial.com – Saat berpuasa, kondisi tubuh mungkin akan berbeda dari biasanya. Ketika seseorang berpuasa selama belasan jam, kadar gula darah dalam tubuh akan mengalami penurunan dan berpotensi mengalami dehidrasi. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang merasa lelah dan menjadi tidak sabar. Hal ini juga berpengaruh kegiatan sehari-hari termasuk mengemudi.

Dr. Daniel Bramantyo, seorang dokter dari Rumah Sakit Pertamina Jaya, mengatakan bahwa “Kondisi tubuh biasanya menjadi lebih lemas pada saat berpuasa, dan tentunya akan mempengaruhi kekuatan dan ketahanan saat mengemudi. Puasa dapat mempengaruhi fungsi kognitif dan memiliki efek langsung seperti kurangnya konsentrasi, menguap, dan mengantuk yang membuat pengendara tak menyadari keberadaan rambu lalu lintas”. 

Oleh karena itu, dr. Daniel menyarankan untuk menjaga asupan tubuh saat berpuasa. Selain itu, ada beberapa langkah untuk menjaga konsentrasi saat mengemudi. Sebagai berikut :

1.    Jaga Kecepatan

Jaga kecepatan kendaraan yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Mengemudilah dengan kecepatan wajar, karena kemampuan spasial (melihat jarak, membaca kecepatan) seorang pengemudi yang berpuasa biasanya tidak maksimal, dan ini menimbulkan reaksi yang  lebih lambat.

 

2.    Waktu Tidur

Maksimalkan waktu jam tidur dan kurangi aktivitas yang mengurangi waktu istirahat yang tidak menjadi prioritas  dan kurang bermanfaat, seperti begadang. Tidur yang cukup  merupakan  dapat  menghindari rasa kantuk saat mengemudi.

 

3.    Jaga Emosi

Ketika Anda mengemudi sebaiknya tetap tenang dan atur pikiran untuk selalu berfikir positif dan bersabar untuk menjaga emosi. Cara mengemudi yang santun dan tidak mengganggu pengguna jalan lain akan mengurangi risiko kecelakaan.

 

4.    Tetap terhibur dengan in-car entertainment

Penting bagi Anda untuk memastikan radio atau in-car entertainment kendaraan berfungsi dengan baik. Hal ini dapat membantu untuk menstimulus pikiran tetap jernih dan menjaga mood Anda tetap baik. Hal ini dapat melepas tingkat stress Anda di jalan dan meminimalisirkan kadar emosi. Selain itu, Anda pun dapat mendengar kapan azan Magrib berkumandang.

 

Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs & Communications Director, GM Indonesia juga menyampaikan untuk tetap selalu menjaga kondisi tubuh saat mengemudi. “Kami memahami bahwa banyak orang tetap akan menghabiskan waktu di jalan, pada saat bulan Ramadhan ini. Oleh karena itu, Chevrolet Indonesia senantiasa mengajak pengemudi untuk selalu menjaga kesehatan. Perhatikan juga asupan makanan yang sehat dan seimbang selama bulan Ramadhan. Agar konsentrasi dan fokus saat mengemudi tetap terjaga.“

Share :

Kiat Menjaga truk Toyota Dyna Agar Tetap 'Bandel'

Bukan hanya karena mobilitasnya yang cukup tinggi lantaran dijadikan sebagai kendaraan pengangkut barang-barang. Namun perhatian ekstra juga dibutuhkan dari pengemudinya. Mengemudi yang buruk akan berimbas terhadap kendaraannya.

Read More
Mobil 'Solar' Milik Toyota Ditanamkan VNT, Bagaimana Cara Kerjanya?

Dari semua varian 'solar'nya itu, Toyota menanamkan sistem Variable Nozzle Turbocharger (VNT). Perangkat ini mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan.

Read More
Jangan Asal Duduk, Ini Posisi Paling Aman Saat Naik Bus

Saat bepergian dengan transportasi umum seperti bus, ada baiknya ketahui dulu dimana posisi duduk yang aman.

Read More

Terkini

honda

Terpopuler