Mobilkomersial.com --- Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), meluncurkan model generasi terbaru dari truk tugas ringan (Light Duty) serba listriknya yaitu, eCanter yang menjawab kebutuhan logistik yang lebih beragam dengan jajaran kendaraan yang diperluas secara signifikan.

Generasi baru Fuso eCanter ini menampilkan interior dan eksterior yang dirancang sesuai dengan pergeseran industri transportasi ke mobilitas listrik. Truk listrik ini telah ditata ulang dengan motif Fuso Black Belt di fascia depan, dengan sentuhan elemen desain oranye dan biru.

Memanacarkan aura modern, generasi terbaru Fuso eCanter ini juga sudah menggunakan lampu depan LED lengkap dengan lampu daytime running (DRL), serta lampu kombinasi belakang LED terbaru yang menawarkan visibilitas yang andal.

Pada generasi baru eCanter ini, MFTBC turut berinovasi dengan mengadopsi perubahan struktural eAxle yang mengintegrasikan motor listrik dengan gandar belakang dan memungkinkan struktur drivetrain yang lebih ringkas.

Baca Juga: Truk Listrik Hino Dutro Z EV Tampil Perdana, Curi Perhatian GIIAS 2022

Jajaran generasi baru eCanter ini mencakup 28 varian yang siap dipasarkan untuk pasar Jepang dan sekitar 80 varian untuk dipasarkan di pasar luar negeri untuk memenuhi kebutuhan logistik yang lebih luas.

Selain model 7,5 ton (GVW) saat ini, generasi baru eCanter kini turut hadir dalam beragam kelas bobot mulai dari 5 ton hingga 8 ton untuk pelanggan Jepang, dan mulai dari kelas 4 ton untuk model luar negeri.

Variasi kabin pun juga telah diperluas dengan menawarkan kabin lebar 2.130mm yang dapat menampung lebih banyak kargo dan kabin standar 1.700mm yang memberikan lebih banyak fleksibilitas untuk rute yang mencakup jalan sempit.

Model baru ini juga dilengkapi dengan unit power take-off 'ePTO' bagi pelanggan yang membutuhkan aplikasi tipper, atau bodi van lengkap dengan variasi wheelbase yang juga telah diperluas, dari 2.500 mm menjadi 4.750 mm.

Baca Juga: Isuzu Bawa Elf Elektrik di GIIAS 2022, Komitmen Menuju Netral Karbon pada 2060

Desain interior juga telah ditingkatkan untuk kenyamanan berkendara. Dasbor baru dan sedikit lebih rendah untuk memberikan lebih banyak ruang, lebih banyak ruang vertikal di dalam kabin, dan panel LCD 10 inci baru yang terhubung ke sakelar roda kemudi telah dipasang. "Fuso Easy Access Key" juga tersedia untuk pelanggan Jepang untuk hari kerja yang lebih lancar.

Generasi baru eCanter ini kini disematkan dengans solusi telematika MFTBC, Truckonnect yang menghadirkan fitur khusus EV seperti fitur eRange, yang menampilkan sisa jarak tempuh, dan sisa kapasitas baterai EV, juga akan tersedia untuk dilacak di portal Truckonnect.

Selain itu, model baru ini akan kompatibel dengan fungsi Charging Management System yang memungkinkan operator menyetel timer untuk mengisi baterai kendaraan saat biaya listrik paling rendah.

Sebagai jantung pacunya, MFTBC memperbarui baterai dari generasi baru eCanter ini dengan konsep modular terbaru dimana kendaraan ini dapat menampung satu hingga tiga baterai berdasarkan varian jarak sumbu rodanya.

Baca Juga: KTB Mulai Uji Coba Truk Listrik Fuso eCanter di Bali

Secara rinci, kendaraan yang dilengkapi dengan baterai tunggal berkapasitas 41 kWh dapat menempuh jarak sekitar 80 km dengan sekali pengisian daya, sedangkan dengan dua baterai dapat menempuh jarak sekitar 140 km, dan tiga baterai dapat menempuh jarak sekitar 200 km.

Selain itu, pelanggan Jepang juga akan memiliki akses ke fungsi fitur terbaru berupa V2X yang memungkinkan baterai eCanter dapat dimanfaatkan sebagai pemasok listrik ke rumah dan peralatan lain jika terjadi keadaan darurat.

eCanter generasi baru ini juga dilengkapi dengan fitur khusus EV yang disempurnakan seperti pengereman regeneratif dapat dikontrol pada empat tingkat yang diklaim sangat berkontribusi pada penghematan daya dan peningkatan kemampuan berkendara.

Selain itu, hadir juga Battery Pre-Conditioning yang memungkinkan baterai untuk dipanaskan terlebih dahulu melalui pengaturan timer selama pengisian daya AC, fitur Heater Cut Switch untuk menghemat konsumsi energi serta The Energy-saving Heating yang dapat menghangatkan area yang dibutuhkan seperti kursi dan roda kemudi.

Baca Juga: Mengenal Truk Sampah Listrik Buatan MAB, Punya Jarak Tempuh Hingga 200 Km

Generasi baru eCanter ini juga dilengkapi dengan fungsi keselamatan canggih untuk mendukung berkendara yang aman mulai dari Active Sideguard Assist, Active Brake Assist 5 (ABA 5), Active Attention Assist, Intelligent Headlight Control, Traffic Sign Recognition, Electric Parking Brake dan Back Eye Camera System.

Bukan hanya mengembangkan kendaraannya, MFTBC juga berkomitmen penuh untuk mempercepat pengenalan truk listrik melalui layanan tambahan seperti Fuso eMobility Solutions yang memberikan dukungan komprehensif dengan menawarkan berbagai layanan yang mencakup seluruh ekosistem truk listrik.

Sejak diluncurkan pertama kali pada 2017, truk listrik Fuso eCanter generasi pertama yang diproduksi di Jepang telah sukses dipasarkan secara global khususnya di wilayah Eropa, Amerika Utara, Australia, dan Selandia Baru.

Untuk itu, dengan pengalaman operasionalnya selama 5 tahun, MFTBC telah mengembangkan generasi baru eCanter yang akan mulai dipasarkan di Jepang pada musim semi 2023. Tak hanya itu, kendaraan ini juga akan diluncurkan di pasar global secara bertahap.

Baca Juga: Truk Listrik Fuso eCenter Dipamerkan di Ajang PEVS 2022, Begini Bocoran Spesifikasinya

Share :

Mengenal Fitur Apa Saja yang Dimiliki Truk Tambang Batu Bara

Truk Batu Bara dirancang khusus sesuai kebutuhan serta penggunaan dalam jarak panjang, ada juga truk yang bisa dipergunakan pengemudi untuk tidur di dalam kabin sampai beberapa hari sebelum melanjutkan pulang ke rumah.

Read More
Renault Buka Pemesanan 2 Model Truk Listrik Heavy Duty Terbarunya

Renault Trucks menunjukkan desain dua truk heavy duty all-electric-nya, E-Tech T dan E-Tech C, dan telah membuka pemesanan untuk kedua model tersebut. Kehadiran rangkaian tugas berat bertenaga listrik dari Renault Trucks menandai langkah maju yang besar d

Read More
CAT 793 Electric, Truk Tambang Baterai Listrik Raksasa Mulai Uji Coba

Truk tambang CAT 739 Electric ini di demonstrasikan melalui berbagai skenario, mulai dari melaju dengan kecepatan 12 kpj di jalur menanjak dan menurun 10% atau bersudut 6 derajat berjarak 1 km dalam muatan penuh. Truk ini juga mampu melaju dengan kecepata

Read More
honda

Terkini

Terpopuler