Mobilkomersial.com --- Saat berkendara, faktor keselamatan menjadi hal yang vital bagi pengendara, penumpang maupun pengguna jalan lainnya. Untuk itu, para pengendara kendaraan niaga atau komersial tentu juga punya peran penting dalam menjaga keamanan selama di perjalanan.

Kendati demikian, para agen pemegang merek (APM) otomotif juga memiliki peran penting dalam menjaga keselamatan kendaraan komersial. Tak hanya menambah fitur keamanan dan keselamatan, langkah memberikan edukasi kepada para pengemudi juga penting dilakukan.

Baca Juga: Isuzu Sebut Kendaraan Elektrik Jadi Kunci Mobilitas Massal di Masa Depan

Attias Asril selaku Sales & Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan bahwa sebagai APM, penting untuk mengedukasi dan mengimbau kepada para partner agar selalu memahami dan patuh terhadap perlengkapan keselamatan berkendara.

"Tentunya dengan tujuan agar selalu aman dan nyaman selama di perjalanan. Sehingga diharapkan semua para partner untuk selalu patuh kepada regulasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah," paparnya dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 kemarin.

Berdasarkan Peraturan Menteri No.74 Tahun 2021, soal Perlengkapan Keselamatan Kendaraan Bermotor Selain Sepeda Motor, banyak perlengkapan keselamatan berkendara yang harus dilengkapi pada kendaraan komersial.

Menurut Ir. Dewanto Purnacandra, M.T. Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, setiap kendaraan komersial wajib memenuhi peralatan perlengkapan keselamatan berkendara, termasuk yang sifatnya darurat.

Baca Juga: Isuzu Bawa Elf Elektrik di GIIAS 2022, Komitmen Menuju Netral Karbon pada 2060

Adapun perlengkapan keselamatan itu diantaranya, memiliki sabuk pengaman, siaga segitiga pengaman, alat pemantuk cahaya tambahan, fasilitas tanggap darurat, ban cadangan, hingga siaga dongkrak. "Semua perlengkapan keamanan ini wajib dimiliki oleh setiap kendaraan komersial agar selalu aman dan nyaman ketika berkendara di jalan," tutur Danto.

Sementara itu, Transportation Safety Application Engineer Manager PT 3M Indonesia, Ogik Giarno juga menuturkan bahwa setiap kendaraan komersial juga wajib untuk memasang alat pemantul cahaya tambahan.

Menurutnya, alat pemantul cahaya tambahan itu memiliki fungsi yang sangat bermanfaat agar  ketika berkendara pada malam hari, kendaraan lain di sekitar bisa mengetahui adanya truk yang melintas di depannya.

"Jadi untuk lebih aman lagi, maka sesuai dengan peraturan pemerintah bahwa harus ditambah alat pemantul cahaya. Banyak kejadian tabrak belakang karena kendaraan lain tidak bisa melihat di depan ada truk atau kendaraan lain," ujar Ogik.

Baca Juga: Lebih Irit Bahan Bakar, Isuzu Yakin Penjualan Kendaraan Euro 4 Raih Hasil Positif

Share :

Musim Hujan Waspada Banjir, Ini Batasan Melewati Air Saat Mengendarai Mobil

Di musim hujan seperti saat ini, banyak sekali ruas jalan yang tergenang air setinggi 1 meter bahkan lebih, demi keamanan mobil agar tidak terjebak di jalanan yang tergenang maka ada baiknya pengemudi tau batasan-batasan yang diperbolehkan saat melewati g

Read More
Mabuk Perjalanan di Mobil dan Kendaraan Umum, Berikut Cara Mengatasinya Tanpa Obat

Melakukan perjalanan mungkin menjadi yang tidak bisa dihindari oleh seseorang, baik untuk urusan pekerjaan hingga liburan. Namun ada saja orang- orang dikala melakukan perjalanan mengalami mabuk atau mual dalam melakukan perjalanan tersebut.

Read More
Komponen Penting di Kendaraan, Berikut 5 Langkah Memeriksa Kondisi Ban Saat Musim Hujan

Agar tetap optimal saat digunakan pada musim hujan, ada baiknya pemilik mobil atau pengemudi memeriksa kondisi ban sebelum melakukan perjalanan dikarenakan ban adalah komponen penting bagi kendaraan.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler