Mobilkomersial.com --- PT Tentrem Sejahtera (Tentrem) turut meramaikan ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 dengan memboyong tiga model bodi bus-nya yaitu Avante H8, Avante H7 AB, dan juga Navigator.

Meski hadir tanpa meluncurkan produk baru, karoseri asal Malang, Jawa Timur ini cukup menarik perhatian para pengunjung GIIAS 2022 dimana salah satu model bus-nya yaitu, Avante H8 telah mendapat kustomisasi pada bagian interiornya yang membuatnya semakin lebih mewah.

Baca Juga: Bus 'Podcast' Buatan Adi Putro Jadi Magnet Pengunjung GIIAS 2022

Nugroho Eko selaku Marketing Staff PT Tentrem Sejahtera mengungkapkan bahwa bodi bus Avante H8 itu diberi julukan sebagai 'Grand Seigneur' yang diambil dari bahasa Prancis yang berarti bangsawan atau sultan sehingga menjadikan bus tersebut tampil sebagai bus 'sultan'.

"Bus ini kita sebut Avante H8 Grand Seigneur yang artinya bangsawan atau tuan besar. Kalau zaman sekarang istilahnya itu 'sultan'. Jadi, kita berusaha memenuhi segala kebutuhan para 'sultan' yang ingin berpergian dengan bus," ungkapnya kepada Mobilkomersial.com, Jum'at (19/8/2022).

Bus besar yang mejeng di Hall 8 ICE-BSD City Tangerang ini salah satu bus 'sultan' yang dimiliki langsung oleh salah satu Perusahaan Otobus (PO) terkemuka asal Malang, Jawa Timur yaitu, Bagong Transpot (Bagong).

Jika dilihat dari luar, eksterior Avante H8 ini memiliki penampilan yang serupa dengan para jajaran Avante lainnya seperti model double glass pada fascia depan yang dibentuk melancip sebagai penunjuk bahwa bus ini memiliki desain yang aerodinamis.

Baca Juga: Karoseri Laksana Rilis Bodi Bus Baru Legacy SR3 Series, Punya Standar Keamanan Tinggi

Secara dimensi, bodi bus Avante H8 buatan karoseri Tentrem ini memiliki panjang keseluruhan yang mencapai 12.000 mm (12 m) dengan lebar 2.500 mm (2,5 m) dan tinggi bodinya mencapai 3.800 mm (3,8 m).

Kendati demikian, jajaran bus Avante ini telah dirancang dengan pilihan bodi galvanis dan bodi alumunium yang memiliki bobot mencapai 500kg lebih ringan. Hal ini merupakan dukungan karoseri Tentrem kepada pemerintah yang menargetkan misi Zero ODOL (Over Dimension and Over Load).

Dilihat dari interior, bus Avante H8 ini memiliki kabin yang dibagi menjadi dua kabin. Namun, setiap kabin bus ini memang langsung memancarkan sebuah kabin mewah layaknya 'Sultan' ketika pertama kali memasukinya.

Mulai dari kabin pertama yang merupakan kabin penumpang yang memiliki jumlah 12 kursi. Bukan kursi biasa, Kursi tersebut dibuat secara eksklusif dari PT Rimba Kencana dengan sematan jok kulit berkualitas premium lengkap dengan sandaran kaki, cup holder serta port USB dan stop kontak.

Tak hanya itu para penumpang yang duduk dikabin pertama bus Avante H8 ini pun tentu terjamin kenyamanannya dimana terdapat smartTV berukuran raksasa persis dibelakang kursi kemudi dan terkoneksi pada monitor yang berada di setiap kursi penumpang.

Di kabin pertama ini, tingkat kemewahan bus ini juga terlihat seperti tirai jendela yang dapat dibuka dan ditutup secara elektrikal serta dapur mini yang sudah memiliki kompor elektrik dan juga keberadaan toilet yang hanya hadir di kabin pertama.

Lanjut ke kabin kedua, kabin paling belakang ini disebut sebagai Private Room with Lounge atau ruangan pribadi dengan lounge khusus. Di dalam ruangan ini terdapat tiga sofa dengan material kulit premium agar kenyamanan tetap terjaga serta SmartTV+Karaoke sebagai pelengkap hiburan.

Menariknya lagi, sofa-sofa dan meja pada kabin kedua atau private room tersebut juga bisa diubah fungsinya menjadi sebuah kasur. Hal itu bertujuan untuk menawarkan tingkat kenyamanan yang ekstra dari Tentrem agar penumpang bisa langsung beristirahat ketika dibutuhkan.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap Bus Listrik Buatan MAB dan UI, Punya Tingkat TKDN Yang Tinggi

Tak hanya memberikan kenyamanan yang ekstra untuk para penumpang dalam kabin, Avante H8 ini memiliki bagasi yang super luas sehingga ruang bagasi tersebut dapat dialih fungsikan sebagai kamar tidur lengkap juga dengan AC dan juga layar monitr hiburan.

Bus 'Sultan' Avante H8 buatan Tentrem yang hadir di GIIAS 2022 ini menggunakan sasis asal Eropa yaitu Mercedes-Benz OH1626 Automatic lengkap dengan mesin OM 906 LA Euro 4 yang menghasilkan tenaga 260 dk di putaran 2.200 rpm dan torsi 950 Nm di kisaran 1.200-1.600 rpm.

Nugroho mengungkapkan bahwa dengan kustomisasi dari seluruh sektor mulai dari interior, eksterior hingga sasis yang disematkan pada bus miliki PO Bagong ini diperkirakan dapat dibanderol sekitar Rp 3 miliar per unitnya.

"Kalau soal harga kurang lebih diperkirakan bisa mencapai Rp 3 miliar. Dari interiornya saja bisa mencapai Rp 300 jutaan, bodinya sudah sekitar Rp 500 jutaan. Terus lagi pakai sasis Mercedes-Benz seharga Rp 1 miliar lebih," paparnya.

Baca Juga: Pasar Bus Naik Pasca Pandemi, Hino Siapkan Fitur dan Layanan yang Nyaman dan Aman

Share :

KaroserI Laksana Rilis Bus Baru PO Tami Jaya, Pakai Bodi SR3 Suites Class

Karoseri Laksana merilis bus baru milik PO Tami Jaya berwarna hijau muda dengan garis-garis hijau tua yang menempel di badan bus, menggunakan sasis SR3 Suites Class, bus ini memiliki kursi full rebahan.

Read More
Kenalan Dengan Yutong E-11, Bus Listrik Resmi Piala Dunia Qatar 2022

Meski hadir dalam beragam model atau varian, salah satu bus listrik Yutong yang cukup menjadi primadona dalam Piala Dunia Qatar 2022 adalah bus listrik model seri U atau yang akrab disebut Yutong E-11 yang menjadi transportasi umum dan layanan antar jempu

Read More
Ini Spesifikasi Bus Listrik Hyundai Elec City yang Jadi Kendaraan Resmi Piala Dunia Qatar 2022

Menjadi kendaraan resmi di Piala Dunia Qatar 2022, Hyundai Motor Company menurunkan 446 kendaraan listrik dan hybrid serta 10 bus listrik untuk menjadi moda transportasi bagi penonton hingga petinggi FIFA.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler