Mobilkomersial.com --- Bagi yang bertempat tinggal di sekitar laut, tentu tidak asing lagi mendengar dengan istilah banjir rob yang merupakan genangan yang terjadi akibat pasangnya air laut sehingga air luber ke daratan rendah di sekitarnya.

Berbeda dengan banjir biasanya yang terjadi karena tingginya curah hujan, air banjir rob biasanya lebih jernih daripada banjir lainnya. Selain itu, airnya pun memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda dari banjir jenis lain. Pasalnya, air laut pasti memiliki kadar garam yang lebih tinggi.

Baca Juga: Berikut Tips menggunakan Ban Serep dengan Aman ala Hankook

Untuk itulah, PT Summi Rubber Indonesia (Dunlop) menyarankan bagi para pemilik kendaraan harus berhati-hati saat mengendarai mobil dan melintasi daerah yang terkena banjir rob. Jika kendaraan melewati banjir rob, ini 5 hal yang harus dilakukan agar tidak terjadi korosi!

1. Mencuci Kendaraan

Setelah melintasi daerah yang tergenang banjir rob, pemilik mobil di imbau untuk segera mencuci kendaraan untuk meluruhkan kandungan garam yang terdapat di air banjir rob.

Pastikan juga perhatikan juga bagian bawah mobil karena bagian ini yang paling banyak terkena air banjir. Jika melewatkan pembersihan bagian bawah mobil, maka kandungan garam pada air bisa mempercepat terbentuknya karat.

2. Gunakan Sabun Khusus

Meluruhkan garam tidak hanya bisa dilakukan dengan air bersih. Pemilik kendaraan harus menggunakan sabun khusus yang memiliki sifat dapat melelehkan garam.

Baca Juga: Ingin Ban Kendaraan Niaga Awet, Simak Tips Berikut

Meskipun komponen mobil yang digunakan para pengendara mungkin sudah dilapisi oleh material anti karat, akan tetap lebih baik jika membersihkannya dengan benar dan teliti.

3. Keringkan Beberapa Komponen

Hal ketiga yang harus dilakukan segera setelah melewati daerah banjir rob adalah pergi ke bengkel. Pemilik kendaraan harus mengeringkan beberapa komponen yang terkena air seperti konektor sistem elektronik.

Next>>

Share :

Pentingnya Menggunakan Engine Flush Sebelum Ganti Oli

Seiring pemakaian pastinya kondisi mesin mobil akan terbentuk deposit kotoran akibat dari oksidasi pada oli yang terjadi di ruang bakar. Oksidasi inilah yang membuat tingkat penguapan oli jadi tinggi dan kemudian terbakar akibat suhu mesin, sehingga timbu

Read More
5 Hal yang Harus Diperhatikan pada Kondisi Ban Kendaraan Sebelum Mudik

Kesehatan fisik yang prima serta kondisi kendaraan yang optimal menjadi dua hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai perjalanan jauh. Namun, tak kalah penting adalah kondisi ban sebagai satu-satunya komponen kendaraan yang bersentuhan dengan permukaan

Read More
Tips Merawat Mobil Agar Tetap Awet dan Nyaman, Cek Bagian-Bagian ini Secara Berkala

saat Anda sedang melakukan servis mobil Anda harus memerhatikan apakah komponen-komponen berikut ini dicek

Read More
honda

Terkini

Terpopuler