Mobilkomersial.com --- Dari beragam jenis mobil penumpang yang dipasarkan di Indonesia, city car menjadi salah satu segmen yang memiliki banyak penggemar. Bukan hanya menawarkan dimensi yang kompak dan efisiensi konsumsi bahan bakar, biaya perawatan city car juga terjangkau.

Salah satu contohnya datang dari city car milik Suzuki yaitu, Ignis. Mobil ini diklaim memiliki biaya perawatan cukup terjangkau. Bahkan, Suzuki memberikan jasa servis secara cuma-cuma hingga jarak tempuh 50.000 km.

Baca Juga: Simak Hal yang Bikin Konsumsi BBM Optimal dengan Teknik Eco Driving

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menyatakan bahwa biaya perawatan city car sangatlah kompetitif untuk konsumen. Menurutnya, segmen city car memang biaya perawatannya terhitung tidak mahal.

"Ditambah lagi, kami di Suzuki akan memberikan jasa servis gratis untuk konsumen. Jaringan bengkel Suzuki pun sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jadi, memilki city car sangat menguntungkan dari segi biaya perawatan dan tentunya value for money,” ungkapnya, dalam siaran resminya, Rabu (3/8/2022).

Secara umum, ketika mobil sudah menempuh jarak 10.000 km, konsumen dapat mengganti komponen seperti filter oli dan oli mesin. Saat menempuh jarak 20.000 km, komponen yang diganti sedikit lebih banyak, yaitu busi, filter oli serta oli mesinnya.

Sedangkan pada jarak 30.000 km, hanya memerlukan penggantian filter oli dan oli mesin kembali. Selanjutnya, saat jarak tempuh mencapai 40.000 km, konsumen dapat melakukan penggantian engine coolant, filter udara, oli mesin, oli transmisi, brake fluid, busi, dan filter oli.

Baca Juga: Begini Anjuran Suzuki Soal Merawat Baterai pada All New Ertiga Hybrid

Selanjutnya, pada saat perawatan 50.000 km, konsumen perlu mengganti filter oli dan oli mesin kembali saja. Saat melakukan servis dari 10.000 km sampai 50.000 km tersebut, konsumen hanya akan dikenakan biaya penggantian komponen saja, tanpa dikenakan biaya jasa servis/perbaikan.

Selama perawatan di bengkel resmi sejak 1.000 km hingga 50.000 km, setiap mobil juga dilakukan 23 item check, untuk memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik. Jika ditotal, biaya perawatan berkala Ignis dari periode 60.000 km hingga 100.000 km berkisar di 4 jutaan rupiah.

Biaya ini merupakan salah satu yang cukup terjangkau dibandingkan dengan biaya perawatan mobil pada segmentasi lain. Total biaya tersebut sudah termasuk biaya jasa servis dan untuk pembelian komponen yang harus diganti karena usia pakainya sudah habis, seperti oli mesin, filter oli, filter udara, busi, oli transmisi, brake fluid, dan radiator coolant.

Gambaran biaya perawatan di atas menjadi upaya dan komitmen Suzuki untuk selalu memberikan pelayanan terbaik dan terjangkau bagi konsumen, terutama dalam hal purna jual, baik untuk model city car maupun model-model lainnya.

Baca Juga: Bermodal Rp155 Juta, Suzuki XL7 Ini Siap Diajak Travelling

Share :

Semakin Diminati, Simak 4 Jenis Mobil Listrik dan Perbedaannya

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil listrik, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu bahwa kendaraan bertenaga listrik ini tentu memiliki jenis-jenis yang berbeda-beda

Read More
Cenntro Jual Van dan Mobil Box Pendingin Listrik Pertama di Dunia, Isi Daya Hanya 7 Jam

Dalam pameran transportasi IAA yang berlangsung dari 20-25 September 2022 di Hanover, Cenntro Automotive Europe menghadirkan kendaraan gabungan pertama di dunia, terdiri dari van listrik yang dipadukan dengan pendingin listrik dan beroperasi secara indep

Read More
Dikendalikan Pakai Ponsel, Wuling Air ev Bisa Dinginkan Kabin dari Jauh

Dalam test drive Wuling Air ev Green Mobility Experience, selain mengitari jalanan Jakarta para awak media juga diberikan kesempatan untuk menjajal semua fitur - fitur modern yang ada didalam mobil berdimensi kecil ini.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler