Mobilkomersial.com --- Daimler Truck mengumumkan bahwa truk listrik Mercedes-Benz eActros kini telah laik jalan sebagai kombinasi truk dan trailer dengan berat total mencapai 40.000 kg atau 40 ton.

Kombinasi truk dan trailer tersebut kini telah diserahkan kepada perusahaan logistik asal Jerman yaitu, Scmitt Logistics untuk melanjutkan uji ketahanan. Kendati demikian, truk listrik eActros kini sudah tersedia dan dapat dipesan dalam konfigurasi tersebut.

Baca Juga: Mercedes-Benz eEconic, Truk Listrik Kedua Daimler Resmi Masuk Jalur Produksi

Sejak awal pengujiannya pada 2019 lalu, eActros telah menempuh lebih dari 70.000 km di lebih dari 7.000 perjalanan. Sebagai bagian dari proses ini, Daimler mengaku akan terus mengangkut rumah transmisi dan komponen gandar ke pabriknya di Rastatt dan Gaggenau, Jerman sebagai bagian dari misinya yang mencakup hingga 300 km setiap hari dalam proses tersebut.

"Memulai pertukaran intensif dengan pelanggan pada tahap awal merupakan bagian integral dari pengembangan kendaraan kami. Untuk alasan ini, tim kami telah mendukung tahap praktis pengujian eActros di Schmitt Logistics sejak 2019 lalu," ungkap Steffen Maier, Kepala Pengujian Pelanggan Mercedes-Benz Trucks dalam keterangan resminya, Jum'at (29/7/2022).

"Setelah peluncuran produksi seri yang sukses Oktober lalu, kami sekarang secara bertahap memperluas jangkauan aplikasi untuk eActros. Kami menantikan pengujian intensif dengan kombinasi truk dan trailer listrik baterai di Black Forest utara," tambahnya.

Menurut undang-undang angkutan di Eropa, untuk menarik trailer lebih dari 10 ton, truk yang tentunya berada di segman tugas berat (heavy duty) itu harus memiliki sistem pengereman kontinu atau berkelanjutan. Di eActros, sistem rem kontinu ini disediakan oleh rem trailer HPR (High Power Brake Resistor) khusus untuk kendaraan baterai-listrik.

Baca Juga: Mengenal Truk Sampah Listrik Buatan MAB, Punya Jarak Tempuh Hingga 200 Km

Trailer yang di tarik oleh eActros itu adalah trailer poros tengah dengan bodi penutup tirai Junge dengan panjang internal 7.280 mm dan memiliki berat kotor sebesar 18 ton. Oleh karena itu, Schmitt Logistics telah merancang khusus eActros 300 (6x2) dengan kopling trailer poros tengah, Rockinger.

Sebagai dapu pacunya, baterai Mercedes-Benz eActros terdiri dari tiga (eActros 300) atau empat paket baterai (eActros 400) yang masing-masing menawarkan kapasitas hingga 112 kWh dan kapasitas yang dapat digunakan sekitar 97 kWh. Dengan empat paket baterai tersebut, eActros 400 memiliki jangkauan hingga 400 km sedangak eActros 300 dapat menumpah 300 km.

Sebagai penggeraknya, rigid axle elektrik eActros dilengkapi dengan dua motor listrik yang terintegrasi dengan transmisi 2-percepatan. Motor listrik liquid-cooled tersebut diklaim dapat memompa tenaga kontinu sebesar 442 dk hingga 590 dk sebagai tenaga puncaknya.

Baterai listrik eActros dapat diisi hingga 160 kW pada tiga paket baterai yang hanya memerlukan lebih dari satu jam untuk mengisi daya dari 20 hingga 80 persen di stasiun pengisian cepat DC standar yang menghasilkan arus pengisian 400 A.

Baca Juga: Gapai Tonggak Sejarah, Daimler Truck Uji Truk Berbahan Bakar Liquid Hidrogen

Rainer Schmitt, Managing Partner Schmitt Logistics mengatakan bahwa dalam kombinasi dengan trailer, truk listrik sekarang tidak hanya menawarkan bobot total yang lebih tinggi, tetapi juga volume angkut yang jauh lebih banyak.

"Mercedes-benz eActros sebagai kombinasi truk dan trailer sangat ideal untuk tujuan kami. Ini berarti kami dapat mengangkut pembawa muatan dua kali lebih banyak dalam perjalanan yang sama," tuturnya.

Share :

UD Trucks Tampilkan Keluarga Truk Quster Euro 5 di GIIAS 2022, Menuju Energi Yang Lebih Bersih

Dalam pameran yang berlangsung dari tanggal 11 hingga 21 Agustus 2022 ini, UD AMI menampilkan produk canggihnya sebanyak 4 (empat) unit truk Quester yang sudah bersertifikasi Euro 5.

Read More
Truk Listrik Hino Dutro Z EV Tampil Perdana, Curi Perhatian GIIAS 2022

Meski memiliki bodi yang kompak, truk ini memiliki ruang kargo yang diklaim sangat ideal untuk segala pengiriman di daerah perkotaan.

Read More
Truk Gas Alam Jadi Fokus Iveco Menuju Dekarbonisasi

Sebagai kekuatan pendorong dalam transisi energi industri transportasi, Iveco diklaim sangat aktif dalam meningkatkan kesadaran akan peran kunci yang harus dimainkan oleh teknologi gas alam dan biometana di jalur sektor menuju zero-carbon.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler