Mobilkomersial.com --- Ajang pameran perdana Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 menjadi bentuk dukungan terhadap visi dan misi pemerintah Indonesia untuk menuju energi bersih, salah satunya dengan mempromosikan penggunaan kendaraan listrik di Tanah Air.

Pameran yang diselenggarakan sejak 22 hingga 31 Juli 2022 di JiExpo Kemayoran Jakarta ini telah memamerkan beragam kendaraan masa depan yang memiliki sumber tenaga listrik sebagai jantung pacunya.

Baca Juga: Percepat Produksi Bus Listrik PT INKA, Menhub: Perhitungkan Dengan Standar Keselamatan yang Baik

Salah satu yang menjadi daya pikat pengunjung PEVS 2022 ialah kehadiran inovasi canggih berupa bus listrik yang diluncurkan atas hasil kerjasama dari PT Mobil Anak Bangsa (MAB) dan Universitas Indonesia (UI).

"Program ini memang kami lakukan bersama UI, kita melakukan riset. Kita fasilitasi untuk produksinya sekaligus diskusi bersama," jelas Direktur MAB Kelik Irwanto, pada press conference-nya, kemarin.

Menariknya, dalam pengembangannya, bus ini memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sangat tinggi dan menjadi satu-satunya bus listrik di Indonesia yang sasisnya dirancang dan dibangun secara lokal. Rancangan dan pembangunannya dikerjakan bersama tim UI dan PT.MAB, sementara konstruksi busnya di kerjakan langsung oleh PT MAB.

Tak hanya itu, tingkat komponen lokal pada bus ini juga beragam seperti sistem penggerak, rem, sistem kontrol, inverter, dasbor dan seluruhnya dirancang oleh UI dan dikonstruksi bersama PT NSAD. Sedangkan sistem pendinginnya (air conditioning) di buat oleh tim PT. Aicool.

Secara penampilan, bus listrik MAB model MD12-E LE Low Entry City ini memiliki bentuk yang mengotak namun tetap berkesan futuristik berkat modifikasi fascia depan dengan lampu LED bulat kecil beserta lampu sein-nya serta badge logo UI yang menyala.

Baca Juga: Punya Jarak Tempuh 300 Km, Bus Listrik Buatan UI Bakal Jadi Armada KTT G20

Bus ini memiliki dimensi keseluruhan dengan panjang 12.000 mm, lebar 2.490 mm, lebar 3.430 mm serta jarak sumbu roda (wheelbase) mencapai 6.100 mm dan memiliki minimun ground clearance setinggi 199 mm.

Selain itu, bus ini juga memiliki overhang sebesar 2.728 mm di bagian depan dan 3.172 mm di bagian belakang yang membuatnya sangat cocok sebagai transportasi massal di wilayah perkotaan.

Next>>

Share :

Pasar Bus Naik Pasca Pandemi, Hino Siapkan Fitur dan Layanan yang Nyaman dan Aman

Hal tersebutlah yang menjadi inisiasi PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) untuk menggelar acara talkshow bersama para komunitas pecinta bus atau yang akrab disapa 'Busmania' dengan mengangkat tema bertajuk “Kepercayaan Penumpang Terhadap Transportasi Bu

Read More
Karoseri Laksana Rilis Bodi Bus Baru Legacy SR3 Series, Punya Standar Keamanan Tinggi

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) bukan hanya sebagai ajang pameran inovasi kendaraan penumpang dan komersial semata. Pameran ini juga sebagai panggung bagi para pembuat bodi bus atau yang akrab disebut dengan Karoseri.

Read More
Damri Operasikan 'Bus Kuning' di Kawasan UI, Mudahkan Mobilisasi Mahasiswa

Hadirnya bus di kawasan kampus tersebut tentunya merupakan salah satu peran Damri dalam memudahkan mahasiswa hingga para pengajar untuk melakukan mobilisasi dari satu tempat ke tempat lainnya di lingkungan UI.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler