Mobilkomersial.com --- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi Fuso di Indonesia kini kembali mempertontonkan inovasi truk listrik Fuso eCanter pada ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang berlangsung di JiExpo Kemayoran, Jakarta.

Sebelumnya, Fuso eCanter ini telah diperkenalkan di Tanah Air sejak 2020 lalu melalui ajang pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC). Kini, truk listrik ini telah dipasarkan dan menjadi salah satu pilihan armada favorit bagi para pelaku usaha global seperti Jepang, Amerika Serikat dan berbagai negara di Eropa.

Baca Juga: PEVS 2022 Resmi Dibuka, Industri Otomotif Indonesia Sambut Era Elektrifikasi

Di Indonesia sendiri, KTB telah menyatakan kesiapannya untuk memboyong truk tugas ringan (light duty) bertenaga listrik ini pada awal tahun 2022 lalu. Namun, untuk bisa menjual truk ini, KTB mengaku masih perlu mempelajari kebutuhan konsumen di Indonesia dan potensi truk listrik masa depan di Tanah Air.

KTB dikabarkan sudah membentuk divisi khusus untuk mempelajari kendaraan listrik di Indonesia pada 1 Desember lalu. KTB akan mengadakan pembuktian konsep atau Proof of Concept di Indonesia untuk mempelajari kebutuhan pelanggan secara akurat.

"Kami sudah membentuk divisi khusus untuk mempelajari tentang electric mobility sejak Desember 2021," terang Bayu Aprizal selaku General Manager of Product Strategy PT KTB pada konfersensi virtual, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Sinergitas Lima APM Otomotif, Dorong Popularitas EV di Indonesia

Secara umum tampilan truk listrik Fuso eCanter ini tak jauh berbeda dari truk Fuso biasa (konvensional) pada umumnya, namun pada Fuso eCanter ini ada sedikit detail yang membuatnya lebih berkesan futuristis, yakni badge ‘Fuso’ di balik akrilik transparan yang membuatnya lebih terkesan modern dan ‘bersih’.

Meski penggeraknya sudah mengusung tenaga elektrifikasi, namun lampu depan hingga truk listrik light duty ini hingga sein masih menggunakan bohlam jenis halogen biasa.

Menariknya truk listrik ini memiliki wind deflector atau jambul dengan model baru yang diklaim mempunyai tiga kegunaan yaitu memperbaiki nilai coefficient of drag aerodinamika, mempercantik tampilan dan menghalau kabel agar tidak tersangkut di boksnya.

Baca Juga: Jalani Uji Coba, Generasi Baru Fuso eCanter Siap Meluncur

Selanjutnya, untuk bagian interiornya, layout dasbor eCanter ini memiliki nuansa gelap dan bertabur fitur canggih seperti AC yang sudah dilengkapi fitur automatic climate control, headlamp dengan fungsi manual leveling serta head unit layar sentuh dan ada tombol start/stop.

Kabin truk ini benar-benar pengemudi akan dimanjakan dengan banyaknya fitur canggih. Pada roda kemudinya sudah terdapat SRS Airbag yang akan melindungi pengemudi jika terjadi tabrakan frontal.

Posisi duduk di sebuah truk tentunya tidak ergonomis, namun posisi duduk di kursi eCanter ini tetap jauh lebih baik bila dibandingkan dengan truk-truk lainnya yang posisi roda kemudinya bisa diatur tilt and telescopic dan sudah terdapat hand rest yang membuat menyetir menjadi lebih rileks.

Next>>

Share :

Isuzu Bawa Elf Elektrik di GIIAS 2022, Komitmen Menuju Netral Karbon pada 2060

Meski masih dalam bentuk display pameran, pihak IAMI mengungkapkan bahwa truk listrik Isuzu Elf EV yang didatangkan langsung (CBU) dari jepang ini sebagai bentuk perusahaan untuk menunjukkan komitmennya dalam mendukung target netral karbon 2060.

Read More
UD Trucks Tampilkan Keluarga Truk Quster Euro 5 di GIIAS 2022, Menuju Energi Yang Lebih Bersih

Dalam pameran yang berlangsung dari tanggal 11 hingga 21 Agustus 2022 ini, UD AMI menampilkan produk canggihnya sebanyak 4 (empat) unit truk Quester yang sudah bersertifikasi Euro 5.

Read More
Truk Listrik Hino Dutro Z EV Tampil Perdana, Curi Perhatian GIIAS 2022

Meski memiliki bodi yang kompak, truk ini memiliki ruang kargo yang diklaim sangat ideal untuk segala pengiriman di daerah perkotaan.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler