Mobilkomersial.com --- Pabrikan mesin asal Amerika Serikat (AS) Cummins dan produsen peralatan konstruksi asal Jepang, Komatsu telah menyepakati kemitraan pengembangan truk tanpa emisi untuk digunakan dalam operasi pertambangan.

Sebagai tahap awal, Cummins dan Komatsu kini telah melakukan studi tentang kendaraan transportasi pertambangan yang dapat berjalan dengan berbagai sumber energi masa depan seperti penggerak diesel-elektrik hybrid, energi baterai dan penggerak sel bahan bakar hidrogen.

Baca Juga: Truk Tambang Bertenaga Hidrogen Terbesar di Dunia Mulai Beroperasi

Tujuan pertama dari aliansi ini adalah untuk lebih mengembangkan konsep Komatsu yang sudah ada. Tahun lalu, Komatsu dan beberapa pelanggannya dari industri pertambangan telah mendirikan Komatsu Greenhouse Gas Alliance untuk mempromosikan elektrifikasi di sektor pertambangan.

Amy Davis selaku Vice President Cummins mengatakan bahwa kolaborasi ini merupakan momen penting untuk mengurangi emisi transportasi di industri pertambangan yang memiliki potensi besar untuk memimpin solusi terbarukan.

"Keahlian integrasi dan desain pertambangan dan peralatan Komatsu yang luas ditambah dengan teknologi energi canggih kami, termasuk sel bahan bakar hidrogen, akan mempercepat dekarbonisasi peralatan pertambangan," jelasnya dilansir laman resminya pada Rabu (6/7/2022).

Menurutnya, operasi pertambangan baru-baru ini melihat minat yang lebih besar dalam dan penyerapan kendaraan nol emisi. Kurangnya emisi tentu saja menguntungkan untuk kondisi pertambangan, tetapi solusi sel bahan bakar hidrogen juga menawarkan keuntungan khusus.

Baca Juga: Volvo CE Serahkan Truk Tambang Berbahan Baja Bebas Fosil Pertama di Dunia ke Pelanggan

"Kendaraan sel bahan bakar hidrogen memiliki keuntungan bahwa infrastruktur hidrogen dapat dibangun sesuai dengan beban dan jarak yang diketahui untuk penyerapan langsung dalam operasi penambangan, sementara sistem hidrogen bekerja dengan baik di situasi terpencil di mana daya jaringan tidak tersedia," paparnya.

Sementara itu, Presiden Divisi Bisnis Pertambangan Komatsu, Masayuki Moriyama, mengaku bahwa sel bahan bakar hidrogen memberikan kepadatan daya yang lebih besar untuk kendaraan besar dan dapat diisi ulang dalam hitungan menit, yang menguntungkan kendaraan yang ingin tetap beroperasi secara konstan.

"Ini adalah teknologi penting untuk membantu pelanggan pertambangan mengurangi emisi CO2 dan mempercepat netralitas karbon. Cummins telah lama menjadi mitra Komatsu dan telah berinvestasi dalam teknologi utama yang diperlukan untuk mendukung transisi energi di pertambangan," ungkapnya.

Saat ini, Komatsu tengah berfokus dengan pengembangan kendaraan sel bahan bakar hidrogen. Sedangkan, Cummins kini sedang membangun pabrik untuk sistem sel bahan bakar di Jerman sebagai lokasi produksinya.

Baca Juga: Volvo HX04, Truk Tambang Hidrogen Pertama di Dunia Mulai Diuji Coba

Komatsu merupakan bagian dari strategi Destination Zero Cummins untuk mengurangi dampak gas rumah kaca (GRK) dan kualitas udara dari produknya dan mencapai target zero-emisi pada tahun 2050.

Share :

Uji Coba Truk Tim F1 Mercedes Pakai Bahan Bakar Biofuel, Mampu Kurangi Emisi 89 Persen

Tim F1 Mercedes-AMG PETRONAS baru-baru ini menyelesaikan uji coba penggunaan biofuel di 16 truk Mercedes Actros Gigaspace yang dipergunakan untuk mengangkut logistik tiga balapan terakhir musim Eropa.

Read More
Belum Lama Meluncur, Mercedes-Benz eActros LongHaul Raih Penghargaan '2023 Truck Innovation Award'

Berkat ragam teknologi inovatif seperti baterai baru Lithium-iron Phosphate Fell (LFP), e-axle hingga kecepatan pengembangan truk berkelanjutan, penghargaan '2023 Truck Innovation Award' diberikan langsung oleh Ketua juri IToY, Gianenrico Griffini kepada

Read More
Generasi Baru Truk DAF XD Sabet 'International Truck of the Year 2023'

Dengan raihan penghargaan ini, DAF semakin memantapkan dirinya sebagai produsen truk premium dimana tahun lalu, DAF XF, XG, dan XG⁺ generasi baru untuk transportasi jarak jauh dan berat juga telah terpilih sebagai 'International Truck of the Year 2022'.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler