Mobilkomersial.com - Pemerintah Indonesia kini telah menggaungkan program Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya dalam hal mengurangi emisi global untuk transportasi jalan di Indonesia.

Sebagai dukungan terhadap program tersebut, perusahaan penyedia layanan transportasi darat, Damri turut berpartisipasi dengan segera mengoperasikan armada bus listrik sebagai angkutan masyarakat.

Baca Juga: Punya Jarak Tempuh 300 Km, Bus Listrik Buatan UI Bakal Jadi Armada KTT G20

"Upaya pengoperasian bus listrik telah dibuktikan DAMRI dengan melakukan berbagai upaya, mulai dari konversi bus listrik hingga peluncuran uji coba operasional di Terminal 3 Gate 5 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, bertepatan pada HUT ke-75 Damri pada November 2021 lalu," ungkap Plt. Corporate Secretary Damri, Siti Inda Suri dalam keterangannya, Selasa (5/7/2022).

Bus listrik yang akan dioperasikan Damri ini merupakan hasil kolaborasi dengan PT. INKA dengan merek E-Inobus, dan PT. Energi Makmur Buana dengan merek Edison Motors.

“Dalam hal ini, Damri akan mengerahkan 53 unit bus merek E-Inobus untuk operasional angkutan perkotaan di wilayah Bandung dan Surabaya. Sedangkan 1 unit bus merek Edison Motors yang akan dioperasikan untuk angkutan bandara,” ujarnya.

Baca Juga: Dukung KTT G20, Bus Listrik Merah Putih Buatan ITS Rampung pada Oktober 2022

Tak sampai disitu, dalam acara G20 pada Oktober 2022 mendatang, Damri juga berencana akan mengoperasikan sebanyak 30 unit armada bus listrik yang selanjutnya akan digunakan sebagai armada angkutan perkotaan dengan skema buy the service (BTS) di wilayah Bandung dan Surabaya.

“Program bus listrik untuk angkutan perkotaan Damri juga berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan. Untuk pelaksanaan operasional pada angkutan bandara, saat ini Damri tengah menyelesaikan finalisasi kontrak dan juga dokumen kendaraan,” ucapnya.

Siti Inda menambahkan bahwa Damri telah berkomitmen untuk terus berinovasi dalam perkembangan transportasi darat menuju pemanfaatan energi yang lebih ramah lingkungan, resiliensi, inovatif, modern dan berbasis teknologi mutakhir untuk mendukung konektivitas transportasi darat.

Baca Juga: Gandeng TSU Oxford, Transjakarta Percepat Transisi Armada Bus Listrik

“Selain menjadi transportasi yang ramah lingkungan, harapannya bus listrik yang akan dioperasikan Damri juga bisa menjadi daya tarik bagi para pelanggan kami,” tegas Siti Inda Suri.

Share :

Ini Spesifikasi Bus Listrik Hyundai Elec City yang Jadi Kendaraan Resmi Piala Dunia Qatar 2022

Menjadi kendaraan resmi di Piala Dunia Qatar 2022, Hyundai Motor Company menurunkan 446 kendaraan listrik dan hybrid serta 10 bus listrik untuk menjadi moda transportasi bagi penonton hingga petinggi FIFA.

Read More
Menjelang Akhir Tahun, Bus Kabin Nyaman Bisa Jadi Pilihan Untuk Liburan

Menjelang akhir tahun memang paling enak pergi berlibur dengan keluarga menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), selain harganya yang terjangkau menggunakan bus juga mendapatkan pengalaman berbeda apalagi menaiki bus dengan kabin yang tak biasa.

Read More
Jerman Mulai Kembangkan Bus Listrik Bertenaga Surya

Bus listrik tenaga surya ini diprakarsarai oleh Sono Motors sebagai OEM (Original Equipment Manufacture) mobilitas surya yang berbasis di Munich, Jerman yang bekerjasama dengan Pepper Motion sebagai OEM internasional untuk eletrifikasi kendaraan baru maup

Read More
honda

Terkini

Terpopuler