Mobilkomersial.com - MAN Truck & Bus mengatakan akan mulai memproduksi massal baterai listrik bertegangan tinggi untuk truk dan bus elektriknya mulai tahun 2025. Perusahaan ini siap menginvestasikan 100 juta euro atau Rp 1,5 triliun selama lima tahun ke depan di pabrik Nuremberg, Jerman yang dulu terkenal sebagai tempat produksi mesin pembakaran.

Pabrik baterai baru ini akan berjalan dengan target untuk memproduksi lebih dari 100.000 sistem baterai per tahun. Awalnya, staf MAN akan memproduksi baterai secara manual di Nuremberg dalam produksi seri kecil selama sekitar dua setengah tahun. Konstruksi produksi skala besar akan dimulai pada pertengahan 2023 dan berlangsung hingga akhir 2024.

Baca Juga: Dua Model Kendaraan MAN Truck & Bus Raih Penghargaan Red Dot Deign Award 2022

Dalam laman resminya, Kamis (30/6/2022), MAN Truck & Bus menyebut keputusan ini telah berorientasi pada masa depan dimana sebuah baterai telah menjadi jantung penggerak kendaraan komersial listriknya yang bergulir pada tahun 2025.

Perusahaan yang merupakan bagian dari Traton ini memiliki beberapa pengalaman dengan kendaraan seri kecil yang keluar di jalan sejak 2019, seperti halnya bus listrik. Baterai yang akan dibuat di Nuremberg terdiri dari sel baterai yang dikelompokkan ke dalam modul.

Bergantung pada jangkauannya, truk listrik berat membutuhkan hingga enam dari paket baterai tersebut, sehingga menghasilkan jarak tempuh 600 hingga 800 km untuk truk MAN, kata perusahaan tersebut. Mereka berharap jangkauan lebih dari 1.100 km melalui teknologi baterai generasi barunya dari sekitar tahun 2026.

Produksi baterai juga akan mengamankan 350 pekerjaan, dan keputusan MAN mengatakan bahwa keputusan itu dibuat dalam kerja sama yang erat dengan perwakilan karyawan dan dengan dukungan aktif dari politisi lokal.

Baca Juga: Strategi MAN Dalam Produksi Truk Listrik Berskala Besar di Eropa

Pemerintah Negara Bagian Bavaria telah menjanjikan 30 juta euro dalam pendanaan antara 2023 dan 2027 untuk melakukan penelitian dalam perakitan baterai, kimia dan pengembangan sel, keamanan baterai, dan daur ulang baterai.

Alexander Vlaskamp, ​​Ketua Dewan Eksekutif, mengatakan investasi MAN akan memungkinkan "e-cluster kendaraan komersial buatan Bavaria yang  terdiri dari produksi truk elektronik di MAN di Munich, produksi baterai di Nuremberg, R&D dan kerja sama yang sangat baik dengan masing-masing perguruan tinggi, universitas dan institut lainnya.

“Kami sekarang mulai melakukan industrialisasi elektromobilitas dan melanjutkan jalan kami menuju mobilitas netral iklim di kendaraan komersial. Ini adalah lokasi yang inovatif dan keputusan investasi untuk dekade berikutnya. Pada saat yang sama, ini adalah bagian dari transformasi MAN menjadi penyedia solusi transportasi berkelanjutan," terangnya.

MAN dilaporkan telah mereformasi pabrik utamanya di Munich menjadi eMobility Center dan telah meluncurkan 20 prototipe truk listrik heavy-duty yang akan datang dari sana.

Baca Juga: MAN Truck & Bus Siapkan Lebih Banyak Sasis Bus Listrik Untuk Pasar Global

Untuk pabrik baterai baru, Markus Wansch, Ketua Dewan Pekerjaan, menambahkan "kabar baik bahwa bersama-sama kita telah berhasil membangun produksi seri baterai di Nuremberg.Masa depan lokasi juga akan berpijak pada pilar elektromobilitas,” katanya.

Dengan dimulainya produksi baterai, MAN Truck & Bus juga berharap dapat memperkuat posisinya di Grup Traton sebagai “mitra kompetensi untuk elektromobilitas”.

Share :

Dari Euro 4 Hingga Elektrik, KTB Pamer Truk dan Bus Ramah Lingkungan di GIIAS 2022

Adapun line-up produk kendaraannya yang hadir di GIIAS 2022, antara lain, 3 unit Fuso bersertifikasi Euro 4 dan truk tugas ringan (light duty) bertenaga listriknya yaitu, Fuso eCanter. Truk listrik itu juga bisa dirasakan melalui test-ride.

Read More
BMW Astra Fest Meriahkan GIIAS 2022, Tawarkan Beragam Promo Menarik

BMW Astra sebagai dealer BMW i Series pertama di Indonesia juga turut menghadirkan stasiun pengisian daya listrik yang dapat digunakan oleh para pengguna kendaraan listrik.

Read More
Ramaikan GIIAS 2022, Hyundai Optimis Jadi Game-changer di Indonesia

Kehadiran Hyundai di ajang otomotif terbesar ini semakin mempertegas posisinya di industri otomotif dengan menghadirkan produk-produk berteknologi tinggi untuk kebutuhan keluarga Indonesia

Read More
honda

Terkini

Terpopuler