MobilKomersial.com - Daimler Truck baru-baru ini telah mengumumkan akan segera memperkenalkan truk listrik barunya yaitu Mercedes-Benz eActros LongHaul pada pameran transportasi IAA di Hanover, Jerman pada September 2022 ini.

eActros LongHaul sebagai jajaran baru dari truk eActros yang dirancang sebagai truk distribusi jarak jauh ini diklaim akan memiliki jangkauan hingga 500 km dan dapat menerima pengisian daya berkinerja tinggi atau yang disebut 'pengisian megawatt' yang akan memungkinkan untuk mengisi baterai dari 20 - 80 persen dalam waktu kurang dari 30 menit.

Baca Juga: Daimler Truck Akan Hadirkan Lebih Banyak Model Truk Listrik, Ini Bocorannya

Karin Radstrom, CEO Mercedes-Benz Trucks mengatakan bahwa perkenalan eActros LongHaul ini akan melengkapi jajaran truk baterai-listriknya seperti eActros yang sudah dipasarkan sejak Oktober 2021 dan eEconic yang akan mulai dipasarkan pada Juli 2022.

Menurutnya, hal ini merupakan tujuan utama Mercedes-Benz Trucks untuk meningkatkan proporsi kendaraan baru lokal netral karbon CO2 menjadi lebih dari 50 persen pada tahun 2030 khususnya di wilayah Eropa.

“Elektrifikasi transportasi jarak jauh yang berat adalah tonggak sejarah berikutnya dalam perjalanan kami menuju netralitas CO2. eActros LongHaul adalah kendaraan baterai-listrik yang direncanakan layak secara ekonomi bagi pelanggan kami. Saya dan tim berharap dapat menghadirkan truk inovatif ini kepada pelanggan kami dan publik pada bulan September," ungkapnya dalam siaran resminya, Selasa (21/6/2022).

Dalam teasernya, truk Mercedes-Benz eActros LongHaul seberat 40 ton ini menjanjikan penampilan yang lebih ramping dan ramah lingkungan namun tetap mempertahankan kesan elegan berkat unit lampu depan LED dan badge bintang besar berujung tiga (logo Mercedes) berkelir krom.

Baca Juga: Truk Mercedes-Benz Axor Resmi Berstandar Euro 4, Makin Ramah dan Bertenaga

Baterai yang digunakan di eActros LongHaul ini menggunakan teknologi sel lithium-besi fosfat (LFP) dengan masa pakai yang lama dan energi yang lebih bermanfaat. Jangkauan yang jauh dengan sekali pengisian yang dikombinasikan dengan pengisian megawatt diklaim akan menghasilkan rentang keseluruhan yang setara dengan truk konvensional dengan operasi dua shift.

Truk listrik ini juga dicirikan oleh driveline yang sangat seimbang untuk pengalaman berkendara yang sangat menyenangkan. Daimler menegaskan bahwa eActros LongHaul ini akan menjadi pilihan yang tepat bagi pelanggan dalam hal profitabilitas, keberlanjutan, dan keandalan.

Prototipe pertama sudah menjalani pengujian intensif dan akan dilanjutkan dengan pengujian 'real-world' atau langsung di jalan umum. Mercedes-Benz eActros LongHaul direncanakan akan mulai dikirimkan ke pelanggan mulai tahun 2023 serta produksi seri akan dimulai pada 2024.

Share :

Fitur Baru di Iveco S-Way Ini Tingkatkan Kenyamanan Pengemudi

Dengan fitur baru ini, para pengemudi truk Iveco dapat mengontrol fungsi manajemen kabin dan kendaraan di perangkat seluler mereka, serta mengakses banyak layanan digital pada Iveco On.

Read More
Akhiri Sesi Evaluasi Pelanggan, Volta Trucks Beri Pemahaman Kinerja Truk Listrik Volta Zero

Evaluasi yang dilakukan di UTAC Autodrome de Linas-Montlhery di Paris, merupakan tonggak terbaru perusahaan dalam perjalanannya yang dipercepat untuk membawa truk tanpa emisi knalpot ke pasar dengan kecepatan terdepan di industri.

Read More
Gapai Tonggak Sejarah, Daimler Truck Uji Truk Berbahan Bakar Liquid Hydrogen

Alasan Daimler Truck lebih memilih hidrogen cair LH2 dalam pengembangan penggerak berbasis hidrogen salah satunya adalah pembawa energi itu akan memiliki kerapatan energi yang jauh lebih tinggi dalam kaitannya dengan volume dibandingkan dengan gas hidroge

Read More