MobilKomersial.com - Produsen kendaraan komersial terkemuka, MAN Truck & Bus mengumumkan bahwa pabrikan asal Jerman itu telah bersiap untuk memproduksi truk listrik (eTruck) skala besar dari pabriknya untuk pasar Eropa.

Dalam 12 bulan pertama sejak eMobility Center yang inovatif didirikan di pabrik utamanya, MAN Truck & Bus telah meluncurkan 20 prototipe eTruck tugas berat sebagai model pengujian produksi seri campuran masa depan dengan truk konvensional dalam kondisi kehidupan nyata.

Baca Juga: MAN Truck & Bus Siapkan Lebih Banyak Sasis Bus Listrik Untuk Pasar Global

CEO MAN Truck & Bus, Alexander Vlaskamp, ​​menjelaskan bahwa dibangunnya MAN eMobility Center pada pertengahn Juni 2021 lalu adalah awal yang jelas untuk modernisasi pabrik sebagai bagian dari transformasi dan juga untuk produksi seri listrik yang akan datang.

"MAN sedang mempersiapkan masa depan elektromobilitas dan mendorong transformasinya menjadi penyedia solusi transportasi berkelanjutan untuk angkutan jalan yang ramah iklim. eTruck tugas berat kami dijadwalkan untuk diluncurkan dari jalur produksi di Munich pada awal 2024," ungkapnya, Senin (20/6/2022).

Produksi truk listrik MAN dalam jumlah industri yang besar membutuhkan proses produksi yang baru. Dibandingkan dengan truk bertenaga konvensional, truk listrik berbeda dalam hal komponen baru seperti baterai dan motor listrik serta komponen dan kabel tegangan tinggi.

Selain itu, truk konvensional dan truk baterai-listrik akan diproduksi di jalur produksi yang sama di masa depan untuk memastikan pemanfaatan fasilitas produksi di Munich sebaik mungkin yang menjadi sebuah tantangan besar bagi mesin, teknologi, dan SDM.

Baca Juga: Ambisi MAN Truck & Bus Jadi Merek Kendaraan Bebas Gas Rumah Kaca pada Tahun 2050

Thorsten Campehl selaku Manager Pabrik MAN di Munich, Jerman memaparkan lebih dari 1.700 karyawan MAN telah menyelesaikan pelatihan kesadaran tegangan tinggi, dan diharakan pada akhir tahun angka ini akan meningkat menjadi 2.000 karyawan.

"Pada akhir tahun 2023, semua profesional yang relevan dalam produksi truk di Munich harus memenuhi syarat untuk produksi seri truk listrik. Ini adalah kombinasi intensif antara teori dan praktik yang membuat konsep eMobility Center benar-benar unik," terang Campehl.

Sebagai informasi, sebelumnya MAN telah memperkenalkan model truk listriknya kepada publik yang akan mulai dipasarkan pada tahun 2024. Fitur teknis khusus dari truk listrik tersebut itu adalah pengisian megawatt yang membuat kapasitas pengisian yang tinggi dengan waktu pengisian yang singkat membuat truk listrik ini cocok untuk transportasi jarak jauh tugas berat dengan jarak tempuh harian antara 600 dan 800 km.

"Bersama-sama dengan biaya pengoperasian yang rendah dan keseimbangan energi terbaik, kendaraan listrik dengan baterai menawarkan teknologi yang paling sesuai untuk armada kendaraan komersial bebas CO2 di masa depan," tutur Alexander Vlaskamp.

Baca Juga: Tempuh 2.500 Km Lebih, Bus Listrik MAN Lions City 12 E Lintasi Delapan Negara Eropa

Share :

Foton Rilis Keluarga Baru Truk Auman Est-A, Optimis Pimpin Pasar Tractor-Head di Meksiko

Peluncuran truk jenis ini sejalan dengan kepercayaan perusahaan bahwa truk jenis tractor-head akan memeang proporsi terbesar sebagai truk tugas berat (heavy duty) dan telah ditempatkan di segala posisi yang menonjol.

Read More
Gunakan Truk Listrik Scania, DB Schenker Menuju Transportasi Bebas Fosil di Swedia

Empat truk Scania P25 elektrik dan dua truk hibrida Scania PHEV adalah bagian dari ambisi DB Schenker agar Gotland menjadi wilayah pulau teratas dunia dalam keberlanjutan.

Read More
DAF Kenalkan Sistem Penguncian Pintu DAF Night Lock Baru, 150 Persen Lebih Kuat

Sistem keamanan tebaru ini akan tersedia pada setiap panel pintu truk DAF XF, XG, dan XG+ generasi baru yang telah dianugerahi sebagai 'International Truck of The Year 2022'.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler