MobilKomersial.com - Nunam yang merupakan start-up asal India telah memperkenalkan sebuah bajai elektrik, E-rickshaw yang ditenagai oleh baterai listrik bekas (second-life) dari Audi e-tron.

Pengembangan kendaraan prototipe ini merupakan hasil kerjasama antara Nunam dengan tim pelatihan pabrik Neckarsulm Audi di Jerman. Selain itu, bajai elektrik E-rickshaw ini juga merupakan proyek bersama pertama antara Audi AG dan Audi Environmental Foundation.

Baca Juga: Volvo HX04, Truk Tambang Hidrogen Pertama di Dunia Mulai Diuji Coba

Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana modul yang dibuat dengan baterai tegangan tinggi dapat digunakan kembali dan menjadi kasus penggunaan baterai second-life yang layak.

Salah satu pendiri Nunam, Prodip Chatterjee  mengatakan bahwa dalam proyek second-life ini, pihaknya menggunakan kembali baterai dari mobil listrik di kendaraan listrik yang mencoba mencari tahu berapa banyak daya yang masih dapat diberikan baterai setelah digunakan.

"Baterai lama masih sangat kuat. Jika digunakan dengan tepat, baterai second-life dapat memberikan dampak yang besar, membantu orang-orang dalam situasi kehidupan yang menantang untuk mendapatkan penghasilan dan kemandirian ekonomi dengan cara yang berkelanjutan," jelasnya mengutip laman resmi Audi, Jum'at (17/6/2022).

Selain itu, proyek ini juga bertujuan untuk memperkuat peluang kerja bagi perempuan di India khususnya yang akan menjalakan usaha mengangkut barang dengan bajai elektrik di jalanan kota India.

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Akan Jadi Produsen Utama Produk Baterai Kendaraan Listrik

Rüdiger Recknagel, Direktur Audi Environmental Foundation menuturkan bahwa semuanya yang terlibat dalam proyek ini telah mempromosikan pertukaran pengetahuan dan teknologi antarbudaya, yang sangat menguntungkan kedua belah pihak.

"Nunam telah berbagi pengetahuannya untuk memotivasi lebih banyak inisiatif untuk mengembangkan produk dengan komponen kehidupan kedua yang dapat mendorong revolusi eko-sosial ke depan. Tidak hanya di India, tetapi di seluruh dunia,” jelas Rüdiger Recknagel, Direktur Audi Environmental Foundation.

Bajai elektrik E-rickshaw yang ditenagai oleh baterai second-life (baterai bekas) daru Audi e-tron ini dijadwalkan akan diluncurkan di India untuk pertama kalinya dalam model protoripe pada awal 2023.

Share :

MAN Bakal Produksi Baterai Bertegangan Tinggi Untuk Truk dan Bus Mulai 2025

MAN Truck & Bus menyebut keputusan ini telah berorientasi pada masa depan dimana sebuah baterai telah menjadi jantung penggerak kendaraan komersial listriknya yang bergulir pada tahun 2025.

Read More
Ikut Road Transport Expo 2022, Hankook Pamerkan Keunggulan Ban Komersialnya
Dealer Fuso 3S Baru di Banjarmasin Resmi Dibuka, Berikan Layanan Berstandar Nasional

Outlet dealer 3S ini, dirancang dan dibuat khusus untuk kendaraan niaga dan terletak di lokasi yang mudah diakses, dimana akan dapat memenuhi permintaan konsumen di area Banjarmasin.

Read More