MobilKomersial.com - Volvo Construction Equipment (Volvo CE) telah menunjukkan bahwa pabrikan alat kontsruksi asal Swedia itu tiada henti untuk membangun inovasi baru yang sejalan dengan komitmennya untuk mendorong perubahan menuju masa depan yang hijau.

Kali ini, anak perusahaan Volvo Group itu telah memperkenalkan Volvo HX04 yang merupakan prototipe truk pengangkut artikulasi (truk tambang) berbahan bakar sel hidrogen pertama di dunia yang kini telah dijalankan masa uji coba.

Baca Juga: Volvo CE Serahkan Truk Tambang Berbahan Baja Bebas Fosil Pertama di Dunia ke Pelanggan

Inovasi keberlanjutan ini menyusul proyek penelitian multi-stakeholder yang bertujuan untuk membuat terobosan baru dalam teknologi hidrogen. Proyek ini juga akan menjadi inovasi penting Volvo CE dalam menyediakan alat konstruksi bertenaga hidrogen di masa depan.

Sebagai misinya untuk menjadi sumber daya yang berkelanjutan, Volvo CE juga mengaku telah melangkah atas komitmen Science Based Targets Initiative (SBTi) untuk rantai emisi gas rumah kaca yang bersih pada tahun 2040 serta mendorong transformasi industri menuju netralitas karbon.

Carolina Diez Ferrer, Head of Advanced Engineering Programs Volvo CE, mengatakan bahwa inovasi ini akan memberikan wawasan berharga tentang peluang hidrogen dalam transformasi energi bersama solusi baterai-listrik.

“Menjadi penemu pengangkut artikulasi pertama di dunia lebih dari 55 tahun yang lalu, kami senang dan bangga kembali mendorong perubahan dengan konsep pengangkut sel bahan bakar ini," jelasnya dalam keterangan resminya, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga: Volvo CE Jadi Official Track Build Partner Kejuaraan Rallycross Dunia

"Kami percaya bahwa dengan mengeksplorasi berbagai teknologi dan bekerja dalam kemitraan, kami dapat menciptakan jalan terbaik ke depan untuk mendekarbonisasi industri konstruksi," sambung Carolina.

Volvo HX04 adalah hasil dari proyek penelitian yang berjalan antara 2018 dan 2022, dengan pendanaan dari FFI, Badan Inovasi Swedia Vinnanova, Badan Energi Swedia, dan Badan Administrasi Transportasi Swedia, untuk mendukung penelitian, inovasi, dan pengembangan strategis kendaraan yang berkelanjutan.

Selain itu, Volvo CE juga menjalin kemitraan dengan beberapa perusahaan lain, salah satunya adalah Shell yang akan menyediakan infrastruktur stasiun pengisian bahan bakar sel hidrogen cepat di jalur uji coba Volvo CE di fasilitas Braas, Swedia dimana truk Volvo HX04 itu dibuat.

“Menyediakan infrastruktur pengisian bahan bakar untuk proyek inovatif ini memberi Shell kesempatan untuk menunjukkan kemampuan teknis kami dalam hidrogen, dan memungkinkan kami untuk mendukung salah satu mitra kolaborasi global utama kami dalam mengambil langkah maju lainnya," ungkap Oliver Bishop, Manajer Umum Mobilitas Hidrogen Shell.

Baca Juga: Pertama di Dunia, Volvo CE Uji Kendali Jarak Jauh Wheel Loader High-lift Melalui Jaringan 5G

Dengan stasiun pengisian canggih itu, truk Volvo HX04 akan dapat mengisi ulang tabung hidrogen dalam waktu sekitar 7,5 menit dan memungkinkan kendaraan prototipe itu dapat beroperasi selama kurang lebih 4 jam.

Sel bahan bakar pada truk itu akan bekerja dengan menggabungkan hidrogen dengan oksigen dan reaksi kimia yang menghasilkan listrik sebagai penggerak mesin. Dalam prosesnya, sel bahan bakar hidrogan pada Volvo HX04 itu juga dapat menghasilkan panas yang dapat digunakan untuk menghangatkan ruang kabin.

Share :

Hyundai Indonesia Hadirkan Jaringan Bengkel 'Body & Paint' Berstandar Global

Dealer resmi Hyundai yang menyediakan bengkel body & paint dan bengkel mitra yang ditunjuk tersebut, tersebar di berbagai kota, mulai dari Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon, Solo, Surabaya, Bali, Lampung, Palembang, Pekanbaru, Medan, Makassar, Balikpapan,

Read More
Nissan Umumkan Kerja Sama Jangka Panjang Dengan McLaren Racing Pada Balapan Formula E

Nissan juga akan bersaing di Formula E dengan namanya sendiri di era Gen3 hingga dan termasuk tahun 2026, menyusul akuisisi tim balap e.dams, sehingga McLaren adalah tim pelanggan untuk perusahaan Jepang tersebut.

Read More
MAN Bakal Produksi Baterai Bertegangan Tinggi Untuk Truk dan Bus Mulai 2025

MAN Truck & Bus menyebut keputusan ini telah berorientasi pada masa depan dimana sebuah baterai telah menjadi jantung penggerak kendaraan komersial listriknya yang bergulir pada tahun 2025.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler